Jokowi Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet

Jumat, 24 Januari 2020 16:17 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet Jokowi Tinjau Ibu Kota Baru di Kalimantan. ©2019 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin Ibu kota baru di Kalimantan Timur bebas dari banjir dan macet. Termasuk, transportasi massal yang sudah menggunakan elektrik.

Hal itu disampaikan Jokowi saat pidato dalam acara Pencanangan Sensus Penduduk 2020 bersama Badan Pusat Statistik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (24/1).

"Tidak ada ibu kota seluruh dunia seperti ini nanti, enggak ada. Itu direfensiasi nya ada di situ. Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya elektrik vehicle, otonomous vehicle, kendaraan pribadi juga otonomous, juga elektrik," kata Jokowi.

"Banyak orang jalan kaki banyak orang bersepeda. Enggak ada banjir, enggak ada macet," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Paling penting, kata dia, yang ingin pemerintah bangun adalah sebuah peradaban baru. Di mana penggunaan transportasi massal sebanyak-banyaknya menggunakan kendaraan pribadi elektrik dan otonomous.

"Tetapi kita pindah ke sana bukan ingin pindah gedung dan lokasi. Terpenting kita bangun sebuah sistem, pindah pola kerja, kultur, karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan kalahkan yang lambat," ucapnya. [ray]

Baca juga:
Presiden Jokowi: Transportasi di Ibu Kota Baru Serba Elektronik dan Otomatis
Bahas UU IKN, Mendagri Sebut Status DKI Jakarta akan Diubah
RUU Ibu Kota Baru Digarap Bappenas, Komisi II DPR Protes Mendagri
BNPB Petakan Daerah Rawan Bencana di Calon Ibu Kota Baru
Bappenas Prediksi Ekonomi RI Tumbuh Lebih Tinggi Jika Ibu Kota Pindah

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini