Jokowi di mata anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka

Sabtu, 22 September 2012 15:51 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi di mata anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka jokowi. ©2012 Merdeka.com/Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Meski sukses berkarier di bidang politik, wali kota Solo yang juga calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi, tak lantas mendapatkan dukungan penuh dari ketiga anaknya. Bahkan Putra pertama Jokowi Gibran Rakabuming Raka mengaku tak akan meniru jejak ayahnya menjadi politikus.

"Enggak ah saya nggak pingin jadi wali kota, biar bapak saja," kata Gibran kepada merdeka.com belum lama ini di Solo.

Bahkan Gibran yang telah dikuliahkan ke mancanegara untuk mengecap ilmu marketing, juga tak mengikuti jejak ayahnya menjadi pengusaha mebel. Si anak sulung Jokowi tersebut justru memilih bisnis katering dengan nama Chili Pari. Tak urung, pilihannya tersebut sempat membuat Jokowi pusing. Gibran mengaku pilihannya tersebut tak mendapatkan restu dari keluarganya. "Nggak ada yang setuju mas, aku harus cari modal sendiri ke bank," ujarnya.

Saat ayahnya mengikuti Pilkada DKI Jakarta, Gibran tak menunjukkan sikap bangga atau sikap berlebihan lainnya. Bahkan saat mendengar ayahnya menang dalam putaran kedua pun, Gibran hanya menyambutnya dengan dingin.

Meski banyak warga menyambut sukacita kemenangan Jokowi, Gibran justru enggan menanggapinya. "Kami bicara Chilipari saja," ujarnya. Meski tak tertarik, Gibran menyatakan kebanggan kepada ayahnya.

Di mata Gibran sosok Jokowi adalah figur seorang ayah yang baik, jujur apa adanya. "Bapak itu panutan bagi kami, ulet, jujur dan bertanggung jawab," pujinya.

Gibran juga mengaku, meskipun dulu sempat tak mendapat restu dari ayahnya, namun setelah dia bisa membuktikan keberhasilannya, sang ayahpun akhirnya mendukung usahanya tersebut.

Bersama Iriana istrinya Jokowi yang sudah berkeluarga sejak 26 tahun lalu, telah dikaruniai 3 orang anak, masing-masing Gibran Rakabuming Raka (24) lulusan dari universitas di Australia, dan kini pengusaha catering, Kahiyang Ayu (21) masih kuliah, dan Kaesang Pangarep (17) masih sekolah di Singapura. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Gubernur Jakarta
  2. Jokowi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini