Jokowi Bentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Rabu, 30 Oktober 2019 19:40 Reporter : Supriatin
Jokowi Bentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jokowi Pimpin Rapat Terbatas. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Badan ini berada di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pembentukan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2019 Tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam Perpres disebutkan badan ini merupakan lembaga pemerintah dan non kementerian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, keberadaan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengakomodir kreativitas yang ada di daerah-daerah.

"Saya pikir dengan koordinasi ini justru apa yang dilakukan Bekraf akan bisa terekspos di masing-masing daerah," ujarnya, Rabu (30/10).

Dia berharap ekonomi kreatif tidak hanya menjamur di kota-kota besar. Melainkan harus tumbuh di kota kecil bahkan pedesaan.

"Desa harus bisa merasakan ekonomi kreatif tersebut. Jadi jangan dilihat sepotong-sepotong," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjelaskan, Jokowi sengaja tak membentuk Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang terpisah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengefisiensi anggaran. Kerja Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nantinya akan dibantu oleh KSP.

"Ini sama seperti Menteri Pariwisata dan badan, tapi unsur di bawahnya kalau itu umpamanya badan ditarik sendiri, butuh infrastruktur sendiri dan lain-lain. Kalau langsung di bawah menteri, menteri sebagai ketua badan, tapi di bawahnya deputi," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini