Jokowi: Bayangkan Kalau Pertalite Naik Jadi Rp17.100, Demonya Berapa Bulan?

Jumat, 5 Agustus 2022 11:13 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jokowi: Bayangkan Kalau Pertalite Naik Jadi Rp17.100, Demonya Berapa Bulan? Presiden Jokowi bertemu PM Jepang di Tokyo. ©Kiyoshi Ota/POOL/AFP

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini kondisi ekonomi dunia tengah sulit. Bahkan, 320 juta orang di dunia saat ini berada pada posisi menderita kelaparan akut.

“Saya sampaikan apa adanya karena posisi pertumbuhan ekonomi bukan hanya turun tapi anjlok semuanya, Singapura, Eropa, Australia, Amerika, semuanya,” katanya dalam acara Silaturahmi Nasional PPAD 2022 di Sentul Bogor Jawa Barat, Jumat (5/8).

Dia menambahkan, saat ini pertumbuhan ekonomi turun tapi inflasi menyebabkan harga-barang barang mengalami kenaikan. Seperti Amerika Serikat, yang biasanya hanya mengalami inflasi 1 persen, tapi hari ini di posis 9,1 persen.

2 dari 2 halaman

Jokowi mengungkapkan, dampak inflasi tersebut, harga bahan bakar minyak di Amerika Serikat mengalami kenaikan dua kali lipat. Kondisi serupa juga dialami Eropa.

“Coba di negara kita bayangkan Pertalite naik dari Rp7.650, harga sekarang kemudian jadi harga yang bener Rp17.100, demonya berapa bulan? Naik 10 persen saja demonya saya ingat, demonya 3 bulan kalau naik sampai 100 persen lebih demonya akan berapa bulan?” ujarnya.

Untuk itu, dia menerangkan, pemerintah mencoba untuk mengendalikan kondisi ekonomi agar hal tersebut tidak terjadi. Seperti tetap memberikan subsidi untuk harga BBM. Harapannya agar harga bahan pokok tak mengalami lonjakan.

“Karena begitu harga bensin naik, harga barang otomatis melompat bersama-sama, oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan anggaran subsidi yang tidak kecil, Rp502 triliun yang tidak ada negara berani memberikan subsidi sebesar yang dilakukan Indonesia,” tutup Jokowi. [fik]

Baca juga:
Indef: Presiden Sepertinya Masih Gagap Kurangi Subsidi Energi Rp500 Triliun
Kendaraan Listrik Gojek Bisa Hemat Konsumsi BBM Hingga Rp700.000
Menteri Erick Minta Kesadaran Pemilik Mobil Mewah Tak Beli Pertalite
Perbandingan Lengkap Harga BBM Shell, Vivo dan Pertamina, Siapa Paling Murah?
Kadin Beberkan Alasan Subsidi BBM Wajib Tetap Ada
Beli Pertalite Lewat MyPertamina Dinilai Jadi Solusi Antisipasi Habisnya Kuota
Bengkulu Kirim Surat ke BPH Migas, Minta Tambahan 31.000 Kiloliter Solar Subsidi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini