Jelang Pemakaman Ani Yudhoyono, Paspampres Sterilisasi di TMP Kalibata

Minggu, 2 Juni 2019 11:23 Reporter : Yunita Amalia
Jelang Pemakaman Ani Yudhoyono, Paspampres Sterilisasi di TMP Kalibata Lokasi pemakaman Ani Yudhoyono. ©Liputan6.com/Lizsa Egeham

Merdeka.com - Almarhumah istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Minggu (2/6) sore. Paspampres pun kini tengah melakukan sterilisasi di sekitar pusara Ibu Ani akan dimakamkan.

Berdasarkan pantauan, melalui pengeras suara, salah satu anggota Paspampres meminta para awak media serta warga untuk meninggalkan lokasi sekitar pusara Ibu Ani. Paspampres pun melakukan sterilisasi lokasi dengan membawa anjing pelacak serta metal detector.

Sementara di luar lokasi, Paspampres juga melakukan pengamanan. Para warga yang hendak menuju pusara Ibu Ani harus melalui security door. Saat ini, sudah banyak para warga telah mulai berdatangan ke TMP Kalibata.

Sejak pukul 10.00 WIB, sejumlah petugas PLN lalu-lalang memastikan kesediaan listrik tercukupi selama acara berlangsung. Pun dengan penataan mik untuk digunakan Presiden Joko Widodo sebagai infrastruktur upacara pemakaman.

Collins G Manurung, anggota batalyon pengawal protokoler kenegaraan TNI AD mengatakan dalam proses pemakaman nanti ada 10 personel TNI AD yang bertugas menembak tembakan salvo. Enam orang personel bertugas membawa bunga, sedangkan satu lainnya membawa foto mendiang istri dari Susilo Bambang Yudhoyono.

"Penembak ada 10 orang, pembawa bunga 6 orang, pembawa foto 1. Satu kali tembakan salvo," ujar Collins saat tengah bersiap melakukan gladi resik.

Sementara itu polisi sudah mulai memperketat kendaraan yang akan mengarah ke Jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Direncanakan, jenazah Ani Yudhoyono akan disalatkan di kediamannya Puri Cikeas bada zuhur. Setelah itu, pukul 13.30 WIB rombongan keluarga berangkat ke lokasi pemakaman.

Jenazah Ani akan dikuburkan di blok M nomor 129, berdekatan dengan makam mendiang Ainun Habibi, istri mantan Presiden ke-3, BJ Habibie.

Sementara itu, proses pemakaman secara militer akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Diketahui, wanita bernama asli Kristiani Herawati itu menghembuskan napas terakhirnya di National University Hospital Singapore pukul 11.00 waktu Singapura.

Ani meninggal akibat sakit kanker darah yang menggerogotinya. Sejak Februari, ia menjalani perawatan intensif. Sedianya, Ani akan menjalani operasi cangkok tulang sum-sum belakang, namun hal itu tidak terealisasi setelah dirinya tak sadarkan diri hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

Reporter: Lisza Egeham [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini