Jaringan Internet dan Fasilitas Laptop Gratis untuk Pelajar di Desa Sejiram

Rabu, 31 Maret 2021 02:24 Reporter : Merdeka
Jaringan Internet dan Fasilitas Laptop Gratis untuk Pelajar di Desa Sejiram Internet. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Meningkatnya kebutuhan internet bagi para pelajar dalam proses belajar jarak jauh tentunya membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah. Sebab tidak semua siswa memiliki akses untuk mengikuti pembelajaran daring.

Tercatat masih ada sejumlah siswa tidak memiliki ponsel pintar. Belum lagi masalah keterbatasan kuota yang tak sanggup dibeli orangtua siswa, serta masih belum terjangkaunya jaringan internet hingga ke pelosok.

Kondisi ini membuat Kepala Desa Sejiram, Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Hemdi bergerak cepat melakukan terobosan. Ia membuat program 'Konektivitas Internet Mandiri Pedesaan' bekerja sama dengan Kominfo.

"Alhamdulillah, sejak adanya program bekerjasama dengan Kominfo daerah tertinggal jadi mendapat akses jaringan internet lebih baik," tutur Hemdi saat dihubungi merdeka.com pada Selasa, (30/3).

Selain jangkauan internet lebih luas, Desa Sejiram juga menyediakan laptop untuk menunjang sarana pembelajaran siswa memiliki keterbatasan dalam aksesibilitas dan mobilitas saat belajar-mengajar via daring.

"Jadi saat ini kami menyiapkan khususnya anak-anak didik baik SD, SMP, SMA mau melaksanakan ujian atau ulangan tidak memiliki HP android kami siapkan laptop. Jadi kami siapkan gratis untuk masyarakat," katanya.

Hemdi juga menjelaskan bahwa program ini dijalankan secara merata ke 60 desa yang berada di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

"Untuk program ini bekerja sama khususnya desa untuk Kabupaten Sambas ada 60 desa dari 16 kecamatan," tandas Hendi. [did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Merdeka Award
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini