Ini Alasan Presiden Jokowi Tunjuk Plt Dibanding Angkat Menteri Baru

Selasa, 1 Oktober 2019 17:59 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ini Alasan Presiden Jokowi Tunjuk Plt Dibanding Angkat Menteri Baru Jokowi bertemu ulama se-Jateng. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution untuk jadi pelaksana tugas Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menko PMK, menggantikan Puan Maharani.

Menurut JK penunjukan tersebut sementara sampai akhir masa jabatan kabinet kerja pada 20 Oktober nanti.

"Karena sisa 20 hari kita ajukan, pasti ada bedanya tapi 20 hari untuk angkat menteri juga tanggung. Jadi tunggu 20 hari aja sekalian," ungkap JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (1/10).

Menurut JK saat ini tugas plt Menteri hanya untuk proses teken beberapa tugas. Namun dalam jajaran dirjen serta lainnya menurut JK, tetap sama.

"Menteri itukan hanya tanda tangan kalau dirjen itu semua," kata JK.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi telah menunjuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM menggantikan Yasonna Laoly dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution untuk jadi pelaksana tugas Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menko PMK, menggantikan Puan Maharani.

Hal tersebut karena Puan dan Yasonna melenggang ke DPR untuk periode 2019-2024. Sebelumnya, Yasonna sudah terlebih dahulu mengundurkan diri. Lalu dilanjut Puan Maharani yang mengundurkan diri pada Senin (30/9) lalu dan dilantik jadi Ketua DPR. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini