Indonesia Kirim Pasukan Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Australia

Sabtu, 1 Februari 2020 11:13 Reporter : Merdeka
Indonesia Kirim Pasukan Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Australia Indonesia Kirim Pasukan ke Australia. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengirimkan Satgas Garuda RI Operasi Bantuan Penanganan Karhutla di Australia 2020. Pengiriman operasi bantuan tersebut untuk memenuhi kesepakatan Traktat Lombok.

"Australia adalah tetangga kita yang berulang kali mengirimkan bantuan kepada Indonesia saat kita mengalami bencana alam. Traktat Lombok yang ditandatangani Indonesia dan Australia pada tahun 2006 di antaranya menyebutkan kerja sama dan saling memberi bantuan bila dibutuhkan saat terjadi bencana ataupun kedaruratan," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (1/2).

Hadi menyebut, saat ini telah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang sangat besar di Australia dan telah berlangsung beberapa bulan. Oleh karenanya sudah selayaknya Indonesia turut memberi bantuan pula kepada Australia.

"Atas keputusan Pemerintah, TNI diperintahkan untuk mengirimkan pasukan guna membantu penanganan karhutla. Saudara-saudara, para prajurit yang ada di depan saya, adalah duta-duta bangsa dan duta kemanusiaan yang ditugaskan untuk membantu Australia sebagai negara sahabat Indonesia. Tugas ini adalah tugas yang mulia dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan," ujar dia.

Baca Selanjutnya: Tugas Satgas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini