IDI Duga Klaster Baru Covid-19 Bermunculan Akibat Penularan Lewat Droplet

Sabtu, 19 Juni 2021 22:32 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
IDI Duga Klaster Baru Covid-19 Bermunculan Akibat Penularan Lewat Droplet Ketua PB IDI Daeng M Faqih. ©Istimewa

Merdeka.com - Ketua Umum IDI Daeng Mohammad Faqih mengkhawatirkan penularan Covid-19 lewat Aerosol. Aerosol merupakan partikel yang memiliki kemampuan untuk mengapung di udara.

"Aerosol dan Airborne ini masih mampu melayang-layang di udara bisa sampai 3 jam. Ini angkanya dari hasil penelitian justru 57 sekian persen penularan lewat Airborne atau Aerosol," ungkapnya dalam diskusi 'Covid Meradang Pasca Libur Panjang', Sabtu (19/6).

Menurutnya, penularan karena Aerosol ini membahayakan. Daeng menduga adanya klaster-klaster Covid-19 kemungkinan besar terjadi karena Aerosol atau Airborne.

"Kalau droplet kita tahu ya TBC juga karena droplet jarang terjadi klaster-klaster. Kecepatan penularan dan terjadinya banyak klaster itu dikhawatirkan karena ulah Aerosol itu," jelasnya.

"Aerosol ini karena partikelnya jauh lebih kecil ia masih bisa mengambang kira-kira tiga jam, jadi kalau ada OTG di suatu tempat kemudian dia bicara, gak usah batuk, gak usah bersin, dia bicara saja dari helaan nafas dia berpotensi mengeluarkan Aerosol," tutur Daeng.

Daeng mengimbau dilakukan strategi untuk mengurangi viral load di sebuah ruangan atau tempat. Dia khawatir Aerosol ini terserap oleh siapapun yang hadir di ruangan dalam jangka waktu tiga jam ketika orang-orang berinteraksi meskipun sudah jaga jarak.

"Karena Aerosol itu akan berputar-putar di dalam ruangan tadi, ini yang kami khawatirkan apalagi di dalam ruangan gedung gedung, tempat kerja kita itu kebiasaan tertutup tanpa ventilasi," ucapnya.

Daeng menduga, penyebab klaster Covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung terjadi karena Aerosol.

"Ini yang kemudian kita khawatirkan pada saat kasus Secapa itu yang ratusan orang langsung kena itu kita memang sangat curiga ini bukan hanya sekedar droplet, tapi ini Aerosol," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini