Hutan Gunung Raung Terbakar, 13 Pendaki Dikabarkan Terjebak

Jumat, 4 Oktober 2019 20:32 Reporter : Muhammad Permana
Hutan Gunung Raung Terbakar, 13 Pendaki Dikabarkan Terjebak Gunung Raung. ©istimewa

Merdeka.com - Kebakaran hebat terjadi di kawasan hutan yang ada di Gunung Raung pada Jumat (4/10) malam. Keterangan saksi mata, kobaran api mulai muncul di jalur Pendakian camp 7 yang diperkirakan masuk Kabupaten Bondowoso.

"Tetapi masuknya dari jalur yang melewati Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Sejak sore terlihat asap tebal sekali, lalu malam ini terlihat api. Titik api terlihat dari jarak jauh," ujar Kadus, Kepala Dusun Winorejo saat dikonfirmasi.

Informasi yang dihimpun, masih ada pendaki yang terjebak dalam kebakaran tersebut. "Pada hari Kamis (03/10) kemarin, berangkat 2 grup pendaki dengan total ada 13 orang," ujarnya.

Grup pertama pendaki, beranggotakan 10 orang yang terdiri dari 7 orang pendaki, 2 orang pemandu (guide) serta seorang pembawa barang (porter). Sedangkan grup kedua, hanya terdiri dari 3 orang, yakni 2 pendaki dengan didampingi 1 orang pemandu.

"Tadinya posisi mau turun, turunnya Zuhur setelah salat Jumat. Tapi di pos 7 kok tercium bau hangus. Guide turun dan ternyata ada hutan terbakar. Mau turun api malah besar dan akhirnya naik semua. Dari pos 8 naik lagi ke pos 9 karena api terbakar," paparnya.

Sejauh ini posisi pendaki dikabarkan masih aman. Selain itu, logistik mereka juga masih cukup hingga besok. "Kita masih bisa komunikasi dan pantau melalui HT. Sementara komunikasi dengan sekretariat, mau evakuasi susah karena api besar sehingga masih komunikasi dulu," jelas Kadus.

Hingga malam ini, belum ada upaya evakuasi yang hbisa dilakukan karena faktor keamanan. "Besok pasti ada tindakan, sekarang percuma karena api besar," terang dia.

Hingga berita ini diturunkan, merdeka.com masih berupaya menghubungi pihak-pihak terkait seperti BPBD Bondowoso, BPBD Bondowoso dan Basarnas Pos Jember yang wilayah kerjanya mencakup Jember dan sekitarnya.

Kepala Basarnas Pos Jember, Asnawi saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon, membenarkan adanya peristiwa kebakaran di kawasan hutan yang ada di Gunung Raung. Namun ia belum bisa menerangkan secara detail.

"Memang benar informasi yang kami dapat terjadi kebakaran, tetapi kita belum tahu pastinya seluas apa kobaran api dan penyebabnya. Kita masih akan menuju ke sana. Informasi lebih pasti, sebaiknya anda hubungi kepala dusun setempat atau BKSDA," ujar Asnawi. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini