Hendak Bersih-bersih, Tangan ART Justru Terjepit Mesin Penggilingan

Rabu, 6 November 2019 21:05 Reporter : Erwin Yohanes
Hendak Bersih-bersih, Tangan ART Justru Terjepit Mesin Penggilingan Tangan Gadis di Surabaya Terjepit Penggilingan. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Seorang asisten rumah tangga yang bekerja di sebuah rumah, Jalan Dukuh Kupang Barat No 107 A, Surabaya mengalami kecelakaan kerja. Tangannya terjepit mesin penggiling bumbu hingga mengalami fraktur pada jari tengah dan jari manis tangan kiri.

Peristiwa ini terjadi Rabu (6/11) sekitar pukul 09.10 Wib. Ceritanya bermula dari korban bersama temannya sedang membuat bumbu pecel dengan menggunakan mesin penggilingan. Setelah bumbu jadi dan telah dimasukkan ke sebuah toples, korban bermaksud membersihkan mesin penggilingan yang baru saja dipakai.

Korban membersihkan mesin tersebut dengan menggunakan tangan kirinya. Namun beberapa menit kemudian, temannya mendengar teriakan korban. Teman korban menghampiri dan ternyata tangan kiri korban terjepit di dalam mesin penggilingan.

Teman korban yang semakin panik saat melihat korban menangis histeris dan kesakitan, lantas segera menghubungi Command Center 112 yang langsung diteruskan ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya.

Tak berselang lama, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya menerjunkan 1 Unit Rescue Tim Orong-orong dan 1 Unit Ranger menuju TKP. Korban segera dievakuasi.

"Tim kami sampai di TKP sekitar pukul 09.47 Wib dan evakuasi selesai sekitar pukul 10.39 Wib," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedik Irianto.

1 dari 1 halaman

Lupa Matikan Mesin Penggilingan

Tim mencoba melakukan evakuasi dengan menggunakan alat seadanya, yaitu dengan sabun dan minyak goreng agar mesin itu licin. Tapi upaya tersebut belum berhasil.

Kemudian, tim menggunakan alat-alat standar rescue berupa alat spider atau pembuka, hingga evakuasi berhasil. Setelah itu, korban langsung dirujuk ke RSAL dr Ramelan Surabaya menggunakan TGC Dukuh Pakis.

"Dari keterangan korban setelah berhasil dievakuasi, awal mula kejadian, tangan korban masuk ke mesin penggilingan dikarenakan korban lupa mematikan mesin penggilingan tersebut," jelas Dedik.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun petugas, wanita yang tangannya terjepit pada mesin penggilingan bumbu tersebut bernama Safita (20) asal Bojonegoro. Ia sudah setahun ini bekerja sebagai ART di rumah tersebut. [noe]

Baca juga:
Pasang Baliho di Depok, Seorang Pekerja Tersengat Listrik
Koran Dibakar, Penyebab Ledakan Septic Tank Tewaskan Satu Orang di Jaktim
Diduga Kehabisan Oksigen, Kuli Gali Sumur di Garut Meninggal Setelah Pingsan Dua Jam
Kuli Batu di Tuban Tewas Tertimpa Bak Besi
Tertimpa Beton, Pekerja Proyek Masjid Polresta Palembang Tewas di Tempat
Girder Tol Desari Ambruk karena Tiang Penyangga Tidak Kuat Menahan Beban

Topik berita Terkait:
  1. Kecelakaan Kerja
  2. Surabaya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini