Hari ini Malioboro bersih dari para PKL, ini penyebabnya

Selasa, 26 September 2017 18:02 Reporter : Purnomo Edi
Hari ini Malioboro bersih dari para PKL, ini penyebabnya Ribuan PKL di Malioboro libur berjualan. ©2017 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Ada yang berbeda dari Jalan Malioboro, Yogyakarta hari Selasa (26/9). Jika biasanya melihat trotoar di Malioboro dipenuhi dengan ribuan pedagang kaki lima (PKL), hari ini tak ada PKL yang menggelar lapaknya.

Tak berjualannya ribuan PKL di Malioboro ini merupakan komitmen bersama antara Pemkot Yogyakarta dalam rangkaian acara memeringati HUT ke 261 Kota Yogyakarta. Selama sehari yaitu Selasa Wage (26/9), para PKL dari Stasiun Tugu hingga Titik Nol Kilometer diminta untuk libur dan melakukan bersih-bersih Malioboro.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyampaikan acara bersih-bersih atau reresik Malioboro ini baru pertama kalinya dilakukan. Nantinya akan dilakukan kajian apakah setiap Selasa Wage para PKL akan diminta libur selama sehari.

"Libur selama sehari bagi pedagang bukan semata mengosongkan Malioboro. Dengan libur maka ada waktu untuk membersihkan Malioboro. Seperti mengecat, membersihkan saluran air dan lainnya," ujar Haryadi di Malioboro, Selasa (26/9).

Haryadi menuturkan jika yang diliburkan hanya PKL saja. Sedangkan untuk toko-toko di Malioboro tetap buka tetapi diminta untuk ikut aktif membersihkan Malioboro.

Kosongnya Malioboro selama sehari dari PKL ini mendapatkan apresiasi dari Haryadi. Sebab para PKL dengan ikhlas mau mengikuti program Pemkot Yogyakarta untuk tak berjualan selama sehari.

"Saya apresiasi PKL yang ikhlas tidak berjualan pada Selasa Wage. Ini bukan pengosongan tetapi bagian dari reresik Malioboro agar lebih baik lagi," tutup Haryadi. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Malioboro
  2. PKL
  3. Penertiban PKL
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini