H-6 Lebaran, Pemudik di Kampung Rambutan Capai 4 Ribu Orang, Mayoritas ke Sumatera

Kamis, 30 Mei 2019 12:29 Reporter : Yunita Amalia
H-6 Lebaran, Pemudik di Kampung Rambutan Capai 4 Ribu Orang, Mayoritas ke Sumatera Terminal Kampung Rambutan arus mudik 2017. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Warga mulai meninggalkan Jakarta untuk mudik ke kampung halaman masing-masing enam hari jelang Lebaran. Pemudik yang memanfaatkan Terminal Kampung Rambutan mencapai 4 ribu orang pada H-6 pukul 08.00 Wib.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Thofik Winanto, mengatakan mayoritas pemudik memiliki tujuan ke Pulau Sumatera.

"Terhitung dari jam 00.00 WIB sampai 08.00 WIB itu sudah berjumlah 4.000an, di setiap pergantian shift kita akan hitung kembali," ujar Thofik saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Kamis (30/5).

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka tersebut tidak ada peningkatan signifikan secara keseluruhan. Namun peningkatan penumpang terjadi tujuan Sumatera ketimbang Jawa.

Menurut Thofik, salah satu penyebab meningkatkan pemudik tujuan Sumatera karena melambungnya harga tiket pesawat. Atas dasar itu, kata Thofik, terminal yang telah dibangun sejak 1986 itu tetap menyediakan bus cadangan.

Setelah berkoordinasi dengan operator bus, Thofik mengatakan bus cadangan yang disediakan mencapai 200 armada.

"Jumlah yang disiapkan itu kurang lebih 200 kendaraan," tukasnya.

Untuk pengamanan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan area terminal.

Pantauan merdeka.com pengamanan ketat terlihat sekitar area terminal. Satu unit Baraccuda Polda Metro Jaya, tiga unit motor, juga dua ekor anjing K-9 terlihat mondar mandir keliling area terminal. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini