Guru Honorer Tak Lolos Ujian ASN Rencananya akan Digaji Sesuai UMR

Senin, 26 November 2018 21:08 Reporter : Merdeka
Guru Honorer Tak Lolos Ujian ASN Rencananya akan Digaji Sesuai UMR

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjanjikan kesejahteraan baik kepada guru Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun guru honorer di momen peringatan Hari Guru yang jatuh pada Minggu 25 November 2018. Salah satunya, memberikan kesempatan bagi honorer guru untuk mengikuti tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K.

Hal ini diamini oleh Supriano, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kalau guru honorer jelas artinya sudah ditangani pemerintah. Mereka tetap harus ikuti UU ASN. Kalau dia lulus, ya dia akan jadi. Kalau enggak lulus akan diberi kesempatan melalui P3K. Itu pun melalui tes," ucap Supriano di kantornya, Jakarta, Senin (26/11).

Dia menuturkan, jika tak lulus P3K, lanjutnya, maka guru honorer akan dibayar mengikuti UMR. Ini yang disiapkan formulanya.

"Kalau enggak lulus lagi, ini yang sedang dipikirkan. Kita mengharapkan mereka diberi sesuai UMR daerah. Ini yang lagi dibuat formulanya," ungkap Supriano.

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan sensus. Dimana untuk melihat jenjang pendidikan para guru honorer. Dan masa pengabdiannya.

"Kita akan lihat. Apakah dia S1, D4, apakah dia hanya SMA. Ini yang akan kita sedang lihat dulu. Berapa lama dia mengajar di situ. Ini kan kita akan analisis, ini yang sedang kita lakukan sensus," tutup Supriano yang berafiliasi dengan Kemenko PMK.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini