Gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa diperkirakan hingga minggu depan

Senin, 30 Juli 2018 22:30 Reporter : Dian Ade Permana
Gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa diperkirakan hingga minggu depan gelombang ombak. ©REUTERS/Jean-Paul Pelissier

Merdeka.com - Gelombang tinggi di perairan Laut Selatan Jawa Tengah diperkirakan bakal terjadi sampai sepekan ke depan. Iis Harmoko, Kepala Seksi Data Dan Informasi Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang menyatakan ombak setinggi 4-6 meter di perairan selatan Jawa Tengah dipicu menguatnya angin timuran saat memasuki puncak musim kemarau.

"Perkiraan masa gelombang tinggi di perairan Samudera Hindia wilayah selatan Jawa Tengah tetap akan muncul hingga tujuh hari ke depan. Perkembangan kondisinya di sana akan diupdate setiap hari," kata Iis, Senin (30/7).

Menurut dia, menguatnya angin timuran juga disebabkan adanya perbedaan tekanan udara yang tinggi antara bagian bumi selatan (selatan ekuator) dan bumi utara (utara ekuator).

Tak hanya itu saja, faktor lainnya yaitu pola tekanan udara rendah juga berada di wilayah Samudera Hindia. Sehingga menjadi sumber daerah angin dengan kecepatan tinggi. "BMKG akan mengupdate terus perkembangannya," terangnya.

Dia juga mengimbau nahkoda kapal tongkang diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat mengarungi perairan Laut Selatan Jawa Tengah. Sebab beberapa terakhir ombak perairan Laut Selatan Jawa Tengah terpantau sangat tinggi.

Dari laporan kantor Meteorologi Cilacap, ombak di sepanjang bibir pantai selatan Jawa Tengah telah mencapai 4 meter sampai 6 meter. [rzk]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini