Ganjar Minta Wali Kota Solo Turun Tangan Atasi Kebakaran di TPA Putri Cempo

Rabu, 9 Oktober 2019 23:32 Reporter : Arie Sunaryo
Ganjar Minta Wali Kota Solo Turun Tangan Atasi Kebakaran di TPA Putri Cempo Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi kebakaran sampah di TPA Putri Cempo, Solo, Rabu (9/10). Dia meminta Wali Kota FX Hadi Rudyatmo segera memadamkan api, sehingga kepulan asap tidak lagi mengganggu warga sekitar.

"Yang jelas hulunya dibereskan, harus segera dilakukan pemadaman. Di hilirnya, kita standby agar masyarakat terus mendapatkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Ganjar berharap api di tumpukan sampah TPA Putri Cempo dapat segera padam dengan turunnya hujan. Masyarakat juga diingatkan agar bersiap menghadapi musim hujan yang dapat mendatangkan banjir.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga melihat aktivitas di posko pelayanan kesehatan yang disiapkan Dinas Kesehatan Kota Solo. Dia memastikan warga terdampak asap kebakaran sampah akan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Posko yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB tersebut juga melayani warga Desa Plesungan, Kabupaten Karanganyar yang juga terdampak asap.

Kepada para pemulung, Ganjar mengimbau agar mereka ikut bertanggung jawab mencegah kebakaran. Pemulung juga diminta tidak tinggal diam, jika sudah terjadi kebakaran.

"Kami mohon untuk para pemulung juga ikut bertanggung jawab. Kalau mencari sampah, mencari rezeki, jangan dibakar. Kalau tahu ada api ya harus dipadamkan," katanya.

Petugas posko kesehatan, dr Anis, menyampaikan, akibat asap tersebut, keluhan yang paling banyak dialami masyarakat adalah gangguan pernapasan dan pusing. Mereka kebanyakan mengalami bronkitis, di tenggorokan mengeluarkan lendir hingga batuk.

"Ada sekitar 100 warga yang berobat, mulai dari usia anak-anak hingga lansia. Kami memberikan obat-obatan untuk mengurangi gangguan kesehatan mereka. Kami sarankan pakai masker dan kacamata netral saja untuk mengurangi dampak asap," tutupnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Ganjar Pranowo
  3. Surakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini