Ganjar bakal tindak tegas anak buah yang terlibat pungli

Rabu, 10 Oktober 2018 20:36 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Ganjar bakal tindak tegas anak buah yang terlibat pungli Ganjar Pranowo. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjanji melakukan pengawasan dan peringatan kepada petugas dishub layanan KIR yang berada di daerah. Tindakan itu dilakukan pasca dua petugas Dishub terjaring operasi tangkap tangan (OTT).

"Kalau tidak bisa diperingatkan ya kita tindak tegas. Kita tidak mau kecolongan lagi, pasti lakukan pengawasan dan peringatan," kata Ganjar Pranowo saat di Semarang, Rabu (10/10).

Lebih lanjut seperti pengalaman sebelumnya juga pernah tindak petugas terlibat pungli di jembatan timbang. Nanti amanah ini akan disampaikan oleh kepala daerah untuk tidak bermain pungli.

"Saya ingatkan bupati dulu kepada petugas lainnya. Untuk setiap petugas di jajarannya yang bermain pungli harus kita tindak," ungkapnya.

Ganjar mengaku geram atas ulah kedua petugas Dishub yang diduga melakukan pungli. Sebab tahapan uji KIR menjadi lahan sumber besar praktik pungli. Untuk memperbaiki citra buruk, ia meminta agar petugas di setiap daerah mematuhi aturan yang berlaku.

"Kami minta petugas Dishub setiap daerah jangan main-main. Jalankan kerja sesuai prosedur," kata Ganjar.

Diketahui petugas Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jateng melakukan operasi tangkap tangan terhadap dua petugas Dishub Kabupaten Rembang, Kamis (4/10). Dua petugas sudah melakukan aksinya sejak tahun 2013. Modusnya melakukan pungutan tanpa dasar hukum. Dimana yang bersangkutan menyediakan jasa pembayaran daftar uji kir dengan tarif lebih besar dari Perda.

Dari hasil operasi tangkap tangan petugas menyita uang tunai Rp 21,2 juta, 4 buku tabungan, dokumen pendaftaran, pembayaran, pengujian, buku catatan rincian pembagian uang hasil pungli. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini