Festival Gandrung Sewu Dihadiri Ribuan Orang

Sabtu, 12 Oktober 2019 19:18 Reporter : Mohammad Ulil Albab
Festival Gandrung Sewu Dihadiri Ribuan Orang Festival Gandrung Sewu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Festival Gandrung Sewu 2019, yang berlangsung sore ini, Sabtu (12/10), dihadiri ribuan masyarakat. Gandrung Sewu yang diikuti 1350 penari terlatih sejak beberapa bulan lalu, tampil menari di Pantai Boom dengan latar Selat Bali.

Tidak hanya masyarakat Banyuwangi, pagelaran Gandrung Sewu juga dihadiri tamu tamu dari Bupati dan Wakil dari beberapa daerah di Jawa Timur, artis, tokoh masyarakat, komunitas.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forpimda, masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Gandrung Sewu. Menurutnya, Gandrung Sewu tidak hanya digelar untuk mendatangkan wisatawan, namun juga menguatkan nilai gotong royong.

"Pengembangan pariwisata kami kembangkan berbasis budaya dan ekostourism bersama masyarakat Banyuwangi. Sektor kreatif dan pariwisata menjadi cara untuk menguatkan ekonomi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Gandrung Sewu," kata Anas saat menyampaikan sambutan.

©2019 Merdeka.com

Sejak Bulan Juli 2019, Gandrung Sewu sudah dipersiapkan mulai dari proses rekrutmen di sekolah-sekolah tingkat kecamatan hingga lolos di Kabupaten. Dari 3000-an siswi yang mendaftar, hampir separuh akhirnya terpilih. Selama latihan, para orang tua rutin mendampingi hingga pertunjukan berlangsung.

"Anggaran yang harusnya Rp 5-6 miliar, tapi kami hanya anggarkan 800 juta, selebihnya merupakan swadaya masyarakat. Gotong royong, berlatih menari, semua kumpul akan adanya festival ini," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Anas, pagelaran Gandrung Sewu yang sudah digelar kali ke delapan ini, hanya memanfaatkan sumber daya dari perangkat Pemkab Banyuwangi dan Forpimda, tidak menggunakan event organizer.

©2019 Merdeka.com

"Kegiatan ini dikerjakan oleh perangkat daerah, PNS tanpa EO, sehingga tidak mengeluarkan banyak anggaran untuk untuk menyewa EO," ujarnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calendar of Event (CoE) Esthy Reko Astuti berharap, Gandrung Sewu yang sudah tiga kali berturut turut masuk dalam CoE, harus dipertahankan siapapun menteri dan bupatinya.

"Ini sudah digelar 8 kali dan sudah tiga kali berturut turut masuk dalam calendar of event. Semoga event ini bisa terus berjalan siapapun bupati dan menterinya," katanya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Banyuwangi
  2. Berita Banyuwangi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini