Fahri Hamzah ungkap ruang tahanan KPK lebih mewah dari Lapas Sukamiskin

Sabtu, 28 Juli 2018 21:15 Reporter : Aksara Bebey
Fahri Hamzah ungkap ruang tahanan KPK lebih mewah dari Lapas Sukamiskin Fahri Hamzah Cs Kunjungi Lapas Sukamiskin. ©2018 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak usah meributkan fasilitas yang ada di Lapas Sukamiskin. Justru, ruang tahanan transisi milik lembaga antirasuah tersebut terbilang mewah.

Hal itu disampaikan oleh Fahri Hamzah usai meninjau Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung bersama Komisi III, Sabtu (28/7/2018).

"KPK enggak ngerti ngurus lapas. Lapas atau rutan transisi yang ada di gedung KPK itu jauh lebih hebat dengan yang ada di sini (Lapas Sukamiskin)," katanya.

Di rutan transisi milik KPK, Fahri katakan ada fasilitas AC, TV, kulkas dan kasur yang baru. Gedung yang dimiliki pun lebih mewah dan mahal.

Dengan demikian, ia menilai KPK jangan terus mengkritisi apa yang ada di Lapas Sukamiskin. Bahkan, lebih baik KPK membuat usulan bahwa standar lapas dan rutan di Indonesia harus seperti yang dimiliki KPK.

"Kenapa begitu pindah ke sini (Lapas Sukamiskin) diprotes oleh KPK. Saya nanti akan melihat lapas yang di bawah gedung KPK itu kaya apa sih, supaya disamakan," katanya.

"Harusnya KPK sudah bikin standar begitu, harusnya di sini (Lapas Sukamiskin) diusulkan lebih baik dong. Bukan malah dicela kemewahan segala macam. Gedung (rutan transisi KPK) lebih mahal dan mewah kok," pungkasnya.

Terkait wacana pemindahan terpidana korupsi dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Nusakambangan yang usulannya sedang dikaji KPK, Fahri menyatakan tidak setuju.

"Beberapa orang disebutkan ingin (ditahan di Lapas) di daerahnya tapi dipindahin ke sini. Loh kenapa sekarang sudah dipindah di sini kok malah disuruh pergi lagi. Pemindahan ke nusa kambangan, itu nanti kita bicarakan dengan Kemenkumham," katanya.

"Padahal (sejumlah narapidana) sudah pindahin keluarganya ke sini karena ingin dekat dengan keluarganya. Para narapidana korupsi yang tidak mendapatkan remisi Fahri sebut harus dijaga rasa kemanusiaan, kekeluargaan, bahkan hiburannya," katanya. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini