Erix Soekamti, co-pilot pesawat latih jatuh di Gunungkidul

Selasa, 4 September 2018 21:18 Reporter : Purnomo Edi
Erix Soekamti, co-pilot pesawat latih jatuh di Gunungkidul Ketua Jogja Flying Club Tjandra Agus Budiman. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pesawat latih berjenis microlight dengan tipe Sky Ranger PK S160 jatuh di Dusun Gading 1, RT 12 RW 01, Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (4/9). Pesawat latih tersebut jatuh sekitar pukul 16.00 dan tersangkut di sebuah pohon.

Ketua Jogja Flying Club Tjandra Agus Budiman mengatakan pesawat latih itu ditumpangi oleh pilot bernama Faslan Havisha (27) dan co-pilot Erik Kristianto (36). Pesawat tersebut dalam kondisi latihan rutin dan berangkat dari Lanud Adisutjipto.

"Pilotnya Faslan atau biasa dipanggil Alan. Sedangkan co-pilotnya benar Erik Soekamti. Atau vokalis band Endang Soekamti," ujar Tjandra di ruang Pentak Lanud Adisutjipto, Selasa (4/9) malam.

Tjandra menerangkan jika dalam kecelakaan tersebut baik pilot maupun co-pilot selamat. Tidak ada korban jiwa, kata Tjandra, baik pilot, co-pilot maupun warga.

"Pilot dan co-pilotnya selamat. Tidak ada luka-luka. Tidak sampai dilarikan ke rumah sakit. Kondisi keduanya juga tidak syok dan terlihat tenang," ungkap Tjandra.

Tjandra menerangkan jika pilot maupun co-pilot merupakan anggota dari Jogja Flying Club yang bernaung di Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Untuk pilot merupakan anggota lama di Jogja Flying Club. Sudah 10 tahun bergabung. Sedangkan co-pilotnya belum lama bergabung," papar Tjandra.

Tjandra menambahkan jika pesawat latih yang jatuh itu merupakan kepunyaan Erik Soekamti. Paska jatuh, pesawat tersebut mengalami beberapa kerusakan.

"Saya lihat tadi memang ada kerusakan. Tetapi belum kita pastikan bagian apa saja yang rusak," tutup Tjandra. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini