Enthus meninggal, KPU persilakan PKB cari pengganti di Pilbup Tegal

Selasa, 15 Mei 2018 18:19 Reporter : Dian Ade Permana
Jenazah Bupati Tegal Enthus Soesmono. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhak mengganti Enthus Susmono sebagai calon Bupati Tegal dalam Pilkada 2018. Seperti diketahui, Enthus yang merupakan Bupati Tegal petahana itu meninggal dunia karena serangan jantung pada Senin (14/5) sekira pukul 19.15.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan sesuai aturan UU Nomor 10 Tahun 2016 dan PKPU Tahun 2017, pasangan calon yang berhalangan atau meninggal dunia, berhak dicarikan penggantinya.

"Dimana sebelum 30 hari, salah satu paslon yang berhalangan tetap atau meninggal dunia dapat mengusulkan pasangan penggantinya," kata Joko, Selasa (15/5).

Ia menuturkan batas waktu penggantian calon maksimal tujuh hari sejak yang bersangkutan meninggal dunia. KPU akan memverifikasi identitas paslon pengganti sebelum Pilbup Tegal digelar.

"Tetapi jika melebihi batas waktu itu, maka dinyatakan gugur," urainya.

Penggantian calon, kata dia, bisa dilakukan oleh parpol yang mengusungnya. "Karena ini masih 36 hari maka punya hak mengganti. Supaya calon wakil bupatinya tetap bisa ikut tahapan pilkada," terang Joko.

Seperti diketahui, Enthus tahun ini maju Pilbup Tegal untuk periode kedua berpasangan dengan Umi Azizah. Enthus-Umi diusung PKB. Keduanya bersaing dengan paslon Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno, dan Rusbandi-Fatchuddin. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini