Eggie Sudjana Terjerat Kasus Dugaan Makar, PAN Yakin Polisi Bertindak Adil

Senin, 13 Mei 2019 21:39 Reporter : Hari Ariyanti
Eggie Sudjana Terjerat Kasus Dugaan Makar, PAN Yakin Polisi Bertindak Adil Eggi Sudjana penuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. ©2019 Merdeka.com/Ronald Chaniago

Merdeka.com - Sejumlah tokoh pendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi tersandung kasus hukum terkait dugaan seruan makar. Salah satunya adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi yakin aparat penegak hukum akan berlaku adil dalam menangani kasus-kasus ini. Pihaknya pun menyerahkan hal ini kepada kepolisian.

Viva mengatakan, asumsi atau tafsir ujaran kebencian dan makar yang dikenakan kepada sejumlah orang, harus sesuai dengan UU. Aparat penegak hukum harus menegakkan hukum kendati di jalur yang cukup sulit dan tentunya harus disertai keadilan.

"Jangan kemudian ada penafsiran yang mengatakan bahwa hukum ini bisa menjadi alat politik, kemudian hukum ini dipermainkan. Itu merupakan proses dinamika hukum yang kurang baik," jelasnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

"Jadi kami serahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum dan saya sangat yakin bahwa aparat penegak hukum itu tentu akan bertindak adil dan akan tetap mempertahankan rasa keadilan," lanjutnya.

Terkait dugaan tebang pilih aparat dalam menangani kasus hukum, Viva Yoga mengatakan hal itu nanti akan diuji. Belakangan ini pihak kepolisian dinilai hanya mengusut kasus ujaran kebencian yang diduga dilakukan pendukung Prabowo-Sandi.

"Itu nanti akan diuji oleh sejarah, apakah yang akan dilakukan kepolisian itu memang betul-betul jaminan dari penegakan hukum secara profesional tanpa memihak atau bukan. Tapi idealnya hukum itu harus ditegakkan oleh siapapun tanpa pandang bulu, apakah berdasar pada pandangan agama atau golongan tertentu tetapi hukum itu harus memihak bukan berdasarkan kepentingan," tutupnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini