KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Dukung pembatalan sekolah lima hari, Ketua DPR sentil Mendikbud

Senin, 19 Juni 2017 21:03 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
setya novanto. ©2017 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) batalkan aturan sekolah lima hari dalam satu pekan dengan jam belajar 8 jam. Padahal, hal ini baru saja disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melalui Peraturan Menteri (Permen) Nomor 23 Tahun 2017.

Menanggapi kebijakan itu, Ketua DPR Setya Novanto mendukung Jokowi membatalkan kebijakan tersebut. DPR memberikan apresiasi atas respon cepat Presiden setelah memperhatikan aspirasi masyarakat, khususnya ormas-ormas Islam yang menolak pemberlakuan aturan Mendikbud Muhadjir yang dinilai meresahkan masyarakat.

"Kita perlu menghargai kekhususan pendidikan yang diselenggarakan masyarakat, khususnya di kalangan masyarakat nahdliyin. Sebagaimana diketahui, Madrasah Diniyah telah berlangsung puluhan bahkan ratusan tahun serta telah memberikan konstribusi dalam pembentukan karakter bangsa, mengutamakan akhlak mulia dan cinta Tanah Air," kata Setya Novanto dalam keterangannya, Senin (19/6).

Sebagai penyelenggara negara yang juga warga Nahdliyin, Novanto sangat memahami dampak yang ditimbulkan jika kebijakan tersebut terus dipaksakan. Karena, kata dia, akan mematikan Madrasah Diniyah atau sekolah sejenis yang masuk siang sampai sore hari, yang jumlahnya puluhan ribu.

Oleh sebab itu, dia pun berpesan kepada pemerintah khususnya Mendikbud, sebelum menetapkan kebijakan, harusnya dikaji lebih dulu. Dengan demikian, kebijakan tersebut tidak menimbulkan kontroversi di masyarakat kemudian hari.

"Ke depan, setiap kebijakan yang akan diambil pemerintah perlu dilakukan kajian yang komprehensif dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama serta kaum profesional. Sehingga kebijakan tersebut punya landasan sosiologis yang kuat dan tidak mudah untuk digugat oleh masyarakat," tutup Ketua Umum Partai Golkar ini. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Full Day School
  2. Setya Novanto
  3. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.