Dua Desa di NTT Masuk Nominasi 10 Besar BumDes Terbaik Indonesia

Senin, 29 Juni 2020 01:05 Reporter : Ananias Petrus
Dua Desa di NTT Masuk Nominasi 10 Besar BumDes Terbaik Indonesia Kepala Desa Hadekewa Klemens Kwaman Menunjukkan Produk Ikan Teri. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Dua badan usaha milik desa (BumDes) di Nusa Tenggara Timur masuk nominasi 10 besar desa terbaik nasional. Kedua kepala desa ini akan diwawancarai langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Juli 2020.

Keduanya adalah BumDes Au Wula di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende dan BumDes 7 Maret milik Desa Hadekewa di Kecamatan Lebatukan. Keunggulannya terletak pada skema penciptaan pasar atau market place berbasis digital.

Kepada merdeka.com, Kepala Desa Hadekewa Klemens Kwaman mengaku bahagia. Kerja keras dan dukungan semua masyarakat selama ini akhirnya membuahkan hasil.

kepala desa hadekewa klemens kwaman menunjukkan produk ikan teri

"Tentunya bahagia dan senang kerja keras selama ini terbayarkan. Saya satu bulan terakhir selalu komunikasi dengan pihak Kemendes jadi sudah ada tanda-tanda kita bisa masuk bersaing dengan wilayah Jawa," ujarnya, Minggu (28/6).

Menurut Klemens, untuk mempromosikan produk ikan teri Hadekewa yang dikelola BumDes 7 Maret, pihaknya menggunakan platform digital sehingga cepat dikenal konsumen. BumDes 7 Maret juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan salah satu pengusaha asal ibu kota Jakarta.

kepala desa hadekewa klemens kwaman menunjukkan produk ikan teri

"Akhir-akhir ini juga kita menggunakan market place jadi produk kita sudah dikenal. Terakhir kemarin kita MoU dengan salah satu pengusaha di Jakarta, mereka jatuh cinta dengan ikan teri Hadekewa katanya punya rasa yang unik," tutupnya.

Baca juga:
Menteri Eko Cerita BUMDes Bisa Buat Kepala Desa Berpendapatan Rp 20 Juta
Pemprov DKI Imbau 13 BUMD Tak Beri atau Tunda THR untuk Direksi Hingga Karyawan
Jokowi Minta BUMN dan Pemda Jadi Pembeli Produk UMKM Pasca Corona
Komisi B Bakal Panggil Perumda Pasar Jaya Soal Dugaan Korupsi Pembelian Tanah
Jakpro Prediksi Keuntungan Formula E Capai Rp600 Miliar

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BUMDes
  3. BUMD
  4. Kupang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini