Dua Arca Kuno Ditemukan di Sleman, Diduga Berasal dari Abad ke-9

Rabu, 29 Januari 2020 20:34 Reporter : Purnomo Edi
Dua Arca Kuno Ditemukan di Sleman, Diduga Berasal dari Abad ke-9 Temuan Arca dan Batu Candi di Ngemplak Sleman. ©2020 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Dua buah arca ditemukan oleh pekerja bangunan saat membuat galian untuk pengolahan kotoran sapi di Desa Widodomartani, Dusun Kalijeruk ll RT 01 RW 04 Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY, Selasa (28/1).

Paska penemuan arca itu, BPCB DIY pun mengirimkan personelnya untuk mengecek lokasi penemuan arca. Selain itu BPCB juga mengecek asal dan jenis dua arca yang ditemukan tersebut.

Kepala Unit Penyelamatan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Muhammad Taufik menerangkan dua arca yang ditemukan berjenis arca Nandi dan Agastya. Taufik menyebut ciri-ciri dua arca itu terlihat jelas.

"Nandi bentuknya sapi. Sedangkan Agastya cirinya membawa kendi, orang tua gendut berjenggot. Sudah jelas," tutur Taufik, Rabu (29/1).

Taufik menerangkan kedua arca itu berasal dari abad ke 9 atau tahun 800 masehi. Era tersebut disebut Taufik masuk ke zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Taufik menerangkan temuan dua arca itu menguatkan dugaan jika disekitar lokasi terdapat candi. Taufik menjabarkan dua arca itu biasa ditemukan dalam bangunan candi.

"Dua arca itu biasa ditempel pada dinding candi dan jumlahnya ada lima buah. Lima arca yang biasa ada pada sebuah candi yakni Agastya, Nandiswara, Durga, Ganesha dan Kala. Kemungkinan masih terdapat tiga arca lagi yang bisa ditemukan," ucap Taufik.

"Berdasarkan temuan arca tersebut, kemungkinan candi berukuran kecil. Prediksi soal candi ini masih asumsi awal karena kemungkinan itu baru candi pengiring dan bisa jadi terdapat candi induk yang lebih besar," ungkap Taufik.

Untuk membuktikan asumsi itu, Taufik menerangkan pihak BPCB DIY akan melakukan ekskavasi. Ekskavasi dilakukan dengan melakukan penggalian di sejumlah titik untuk mencari struktur candi. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini