DPR Yakin Kinerja KPK Semakin Baik Jika Artidjo Jadi Dewan Pengawas

Rabu, 18 Desember 2019 17:01 Reporter : Merdeka
DPR Yakin Kinerja KPK Semakin Baik Jika Artidjo Jadi Dewan Pengawas diskusi publik Forum Lintas Hukum Indonesia. ©2019 Liputan6.com/fachrur Rozie

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan menyambut baik nama mantan hakim agung Artidjo Alkostar masuk daftar dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Politisi PDIP ini meyakini masuknya Artidjo sebagai dewan pengawas KPK akan semakin kuat lembaga antirasuah dalam memberantas korupsi.

"Kalau betul Pak Artidjo masuk dewan pengawas, saya kira ini prospek yang baik," ujar Trimedya dalam diskusi publik Forum Lintas Hukum Indonesia di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/12).

Trimedya mengatakan hal tersebut lantaran sepak terjang Artidjo selama menjadi hakim agung. Menurut Trimedya, latar belakang Artidjo dalam penegakan hukum sudah tidak bisa diragukan lagi.

"Kita tahu hampir 15 tahun dia jadi hakim agung tak ada yang bisa intervensi beliau," kata Trimedya.

Trimedya yakin jika Artidjo menjadi dewan pengawas, maka Artidjo bisa bekerjasama baik dengan Komjen Firli Bahuri Cs sebagai pimpinan KPK. Menurut Trimedya, baik Artidjo maupun Firli sama-sama sosok yang pas dalam pemberantasan korupsi.

"Kalau seandainya nama-nama (Artidjo) itu yang jadi (dewan pengawas), saya rasa akan baik dan bisa bersinergi dengan Pak Firli. Kan Pak Firli juga pernah di dalam (KPK) dan tahu bidangnya," kata Trimedya.

1 dari 1 halaman

Artidjo dan Albertina Ho Jadi Calon Dewas KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sudah mengungkapkan sejumlah nama untuk duduk sebagai Dewan Pengawas. Namun, semua itu belum difinalisasi.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi.

"Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," lanjut dia.

Dia memastikan, orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas KPK adalah orang-orang yang baik. "Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik," ujar Jokowi.

Reporter: Fachrur Rozie [gil]

Baca juga:
Mengenal Artidjo Alkostar, Sosok Pemberani Diusulkan Jadi Dewan Pengawas KPK
KPK Masih Sadap 300 Nomor Telepon
Mengenal Artidjo Alkostar, Sosok Pemberani Diusulkan Jadi Dewan Pengawas KPK
Bamsoet Dukung Jokowi Tunjuk Artidjo Alkostar Jadi Dewas KPK
Ketua KPK Soal Nama Dewan Pengawas: Kalau Orangnya Kredibel ya Enggak Apa-apa lah
Artidjo dan Albertina Ho Jadi Calon Dewas KPK, Ini Reaksi Mahfud MD

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini