Diterjang Longsor, Jalur Garut-Tasik via Cilawu Tidak Bisa Dilewati

Sabtu, 25 Desember 2021 18:03 Reporter : Mochammad Iqbal
Diterjang Longsor, Jalur Garut-Tasik via Cilawu Tidak Bisa Dilewati Jalur Garut-Tasik via Cilawu Tidak Bisa Dilewati. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalan penghubung utama Garut-Tasikmalaya via Cilawu, Sabtu (25/12) sore diterjang longsor. Material longsoran menutupi seluruh badan jalan sepanjang belasan meter sehingga tidak bisa dilewati kendaraan sama sekali dari dua arah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Satriabudi membenarkan adanya kejadian longsor di jalur utama Garut-Tasik itu. "Yang terdampak longsor adalah jalan provinsi yang merupakan akses utama dari Garut ke Tasikmalaya dan sebaliknya melalui Cilawu," katanya.

Satriabudi mengungkapkan bahwa lokasi longsor berada di wilayah Kampung Cigangsang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kejadian longsor menurutnya diduga akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun di wilayah Kabupaten Garut.

"Yang longsor adalah tebing yang ada di pinggir jalan. Longsoran tersebut membawa material tanah, batu, hingga pepohonan dan menutup jalan penghubung utama dari Garut dan Tasikmalaya," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya bersama unsur TNI, Polri, kecamatan, dibantu warga langsung berupaya melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat seadanya. "Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait agar proses evakuasi berjalan cepat untuk menurunkan alat berat," jelasnya.

Karena tertutupnya akses utama tersebut, menurut Satriabudi saat ini terjadi antrean panjang kendaraan dari arah Tasikmalaya dan Garut. Pihaknya sudah meminta pihak kepolisian untuk memutar balik kendaraan mencari jalan lain. [eko]

Baca juga:
Longsor Tutup Akses Jalan Menuju Wisata Negeri di Atas Awan
Puluhan Orang Hilang Akibat Tanah Longsor di Tambang Giok Myanmar
Tertimbun Rumah Longsor, Seorang Warga Kota Gunungsitoli Meninggal Dunia
Tembok Puskesmas di Garut Jebol, Terungkap Rangkanya Bukan Besi tapi Bambu
BMKG Minta Warga Sumut Waspadai Hujan di Kawasan Pegunungan
Cerita Satu Keluarga di Cianjur Selamat dari Longsoran Tebing 20 Meter

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Garut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini