Diterjang Badai Selama 3 Hari, 54 Pohon di Padang Tumbang

Sabtu, 1 Februari 2020 01:34 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Diterjang Badai Selama 3 Hari, 54 Pohon di Padang Tumbang Pohon Tumbang. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat, mencatat 54 pohon tumbang saat cuaca badai melanda daerah setempat terhitung sejak Selasa (28/1) malam.

"Terhitung sejak Selasa (28/1) malam hingga sekarang, 54 pohon tumbang yang terjadi karena cuaca hujan disertai angin kencang," kata Kepala Pelaksana BPBD Padang Barlius, didampingi Kasi Kedaruratan Sutan Hendra di Padang dilansir Antara, Jumat (31/1).

Pohon tumbang itu tersebar di 10 kecamatan, yaitu Nanggalo, Padang Barat, Padang Timur, Padang Utara, Koto Tangah, Kecamatan Kuranji, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan dan Padang Selatan.

Pohon tumbang paling banyak terjadi di Padang Utara, yakni sebanyak 13 titik, kemudian Koto Tangah 11 titik dan Padang Timur sebanyak 11 titik.

Dari peristiwa tersebut, sebanyak 13 kejadian berdampak ke rumah warga. Sedangkan sisanya menimpa pagar rumah, menghambat akses jalan, drainase dan menimpa tiang serta kabel listrik.

1 dari 1 halaman

Pihaknya belum bisa menyebutkan kerugian materiil yang ditimbulkan akibat peristiwa tersebut. BPBD mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat hujan turun disertai angin kencang, terutama rumah yang dekat dengan pohon besar dan tinggi.

"Jika di dekat rumah terdapat pohon yang sudah tua, kami menyarankan untuk dipotong demi menghindari risiko bencana," katanya.

Sebagai upaya mengurangi risiko bencana, BPBD juga terus menggiatkan sosialisasi serta penyuluhan kebencanaan kepada masyarakat. Selain pohon tumbang, BPBD juga fokus mengantisipasi peristiwa banjir terkait hujan disertai angin kencang. [ray]

Baca juga:
Proyek Flyover Purwosari Dimulai, 377 Pohon Dirobohkan Alat Berat
Risma Biayai Dua Anak Pasutri Korban Pohon Tumbang Hingga Lulus di Surabaya
Pohon Tumbang Tutup Jalan, Arus Lalu Lintas Garut-Tasikmalaya Sempat Terganggu
Pohon Tumbang, Jalur Sukabumi-Cianjur Sempat Terputus
Belasan Pohon di Keraton Solo Tumbang Rusak Warung dan Musala

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pohon Tumbang
  3. Cuaca Ekstrem
  4. Padang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini