Disengat Lebah, 5 Bocah SD di Kediri Masuk Rumah Sakit

Jumat, 3 Mei 2019 01:31 Reporter : Merdeka
Disengat Lebah, 5 Bocah SD di Kediri Masuk Rumah Sakit Lebah. © Listverse.com

Merdeka.com - Lima pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kota Kediri, Jawa Timur, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka akibat disengat lebah. Peristiwa ini terjadi Selasa, 30 April 2019, sekitar pukul 15.30 WIB, di salah satu SD di Kelurahan Semampir, Kota Kediri.

Satpol PP Kota Kediri menerima pengaduan dari masyarakat, jika ada sarang lebah di area luar sekitaran gedung sekolah. Sarang lebah ini dianggap mengganggu lingkungan sekitar.

Laporan tadi kemudian ditindaklanjuti oleh anggota Satpol PP Kota Kediri dengan mendatangi langsung ke lokasi. Diperoleh keterangan jika lebah tersebut ternyata sudah melukai lima pelajar kelas 6 SD setempat.

Akibatnya, mereka yang mengalami luka kemudian dibawa ke rumah sakit Daha Husada. Agar peristiwa serupa tidak menimpa murid lainnya, petugas Satpol PP dan Damkar berinisiatif untuk memindahkan sarang lebah ke tempat lain.

Guna mengevakuasi sarang lebah tersebut, diperlukan kehati-hatian dalam memindahkannya ke tempat lain. Sebelum proses pemindahan sarang lebah dilakukan, petugas damkar terlebih dahulu melindungi tubuhnya dengan memakai seragam pengaman.

Sesampainya di atas, anggota damkar lalu menyemprotkan sebuah cairan berbentuk asap yang biasa digunakan untuk memadamkan kobaran api.

"Kalau dibiarkan bisa berbahaya, itu kan sengatan lebahnya diduga mengandung racun. Lima pelajar harus dibawa ke rumah sakit guna menjalani perawatan," tutut Nur Kamid selaku Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kota Kediri.

Setelah disemprot, sarang lebah menjadi lembab. Secepatnya petugas Damkar langsung mengambil sarang lebah yang menempel di dinding bangunan rumah dan dimasukkan ke dalam karung plastik.

Semprotan cairan tadi membuat sejumlah lebah yang sebelumnya ada di dalam kemudian beterbangan lari keluar. Mengetahui sejumlah tawon keluar dari sarang, petugas Satpol PP Kota Kediri sempat mundur mencari perlindungan.

"Sarang tawon sudah kita amankan. Rencananya agar tidak sampai melukai orang lain, karung plastik berisi sarang lebah tersebut akan dilarung ke sungai Brantas," ucapnya.

Nurkamid mengaku, besar kemungkinan para lebah ini menyengat para murid dikarenakan merasa terganggu keberadaannya. "Mungkin saja diganggu ya, terus mereka (lebah) menyengat sejumlah sekolah," katanya.

Sejumlah lebah ini menyengat para pelajar, ketika mereka hendak pulang dari sekolah. Kebanyakan para murid yang tersengat lebah ini mengalami luka pada bagian kepala‎.

Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Kediri
  2. Hewan Liar
  3. Binatang Buas
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini