Dalam Sebulan, Harimau 3 Kali Mangsa Ternak Warga di Langkat

Kamis, 4 Juni 2020 03:03 Reporter : Merdeka
Dalam Sebulan, Harimau 3 Kali Mangsa Ternak Warga di Langkat Harimau Sumatera di Kebun Binatang Australia. ©Taronga Zoo Sydney/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Dalam kurun waktu April-Mei 2020, hewan ternak milik warga di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), tiga kali dimangsa oleh harimau sumatera. Terakhir terjadi di Dusun Selayang, Desa Lah Damak, Kecamatan Bahorok.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah V, Bahorok, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Palber Turnip mengatakan, kasus terakhir terjadi pada Jumat, 29 Mei 2020, dan bangkai hewan ternak lembu ditemukan Sabtu, 30 Mei 2020.

"Harimau ini diduga individu yang sama dengan kejadian di Dusun Tanjung Naman, masih remaja dan masih belajar berburu," katanya seperti ditulis Rabu (3/6).

Dia menjelaskan, akan membuat perlakuan berbeda sebagai shock therapy kepada harimau. Jika sebelumnya hewan buas tersebut dibiarkan menghabiskan mangsanya, kali ini akan dibangun menara dekat bangkai lokasi.

Begitu harimau muncul, akan ditembaki dengan mercon. Perlakuan ini berdasarkan anggapan bahwa harimau dinilai selama ini mendapatkan mangsa dengan mudah, dan tidak ada kekuatan lain yang bisa mengalahkannya.

"Kita tak punya satu formula yang jitu. Kemarin kita coba biarkan dia habiskan terus kita usir, tapi ternyata datang lagi," ujarnya.

Menurut Palber, keengganan masyarakat mengandangkan hewan ternak lembu dan menggembalakan dekat hutan tentunya menjadi persoalan. Apalagi lokasi hanya beberapa Kilometer (Km) dengan perbatasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Kalau dilihat bangkainya, ada tali. Ini menandakan, pagi dilepas dan sore diikat. Begitu dimangsa harimau, gimana," tutupnya.

Reporter: Reza Efendi
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini