Dalam 5 Hari, Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris di Bekasi

Kamis, 9 Mei 2019 17:07 Reporter : Adi Nugroho
Dalam 5 Hari, Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris di Bekasi Mabes Polri Beberkan Kronologis Penangkapan Terduga Teroris di Bekasi. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri meringkus enam terduga teroris di wilayah Bekasi, Jawa Barat dalam kurun waktu lima hari. Dari enam pelaku, satu orang tewas karena terkena ledakan bom yang dibawa.

Penangkapan pertama terhadap SL di Kampung Pangkalan, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (4/5) dini hari. Dari penangkapan SL, polisi menemukan bahan peledak di sebuah kios yang dikontraknya di depan Perumahan AFI 1.

Kedua MC (28) di Jalan Manunggal, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Sabtu (4/5) sekitar pukul 14.30 WIB. Perannya mengetahui persembunyian SL, serta aktivitas membuat bom

Kemudian terduga teroris berinisial T di Jalan Ratna, Kelurahan Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (5/5) pagi sekitar pukul 07.48 WIB. T sempat melarikan diri sehingga dikejar. Rupanya T terjebak di jalan buntu dan disebut meledakkan diri dengan bom yang dibawa.

"Sebelum ditangkap dia meledakkan diri. Jadi meninggal dunia," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto di lokasi.

Densus 88 kemudian menyergap terduga teroris berinisial IF yang sedang bersama dengan T di Jalan Ratna, Kelurahan Jatikramat, Jatiasih, Kota Bekasi, pada Minggu (5/5) pagi sekitar pukul 07.48 WIB. Dari IF, polisi menyita sebuah tabung gas berisi bahan peledak TATP seberat 60 gram.

Kelima, Densus 88 menangkap terduga teroris berinisial EY alias Rafli, Rabu (9/5). Penangkapan disebut dilakukan di SPBU Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur. Polisi lalu menggeledah gerai ponsel Wanky Cell miliknya Rafli di Jalan KH Muchtar Tabrani, Bekasi Utara.

Dari penggeledahan itu, polisi menemukan dua bom pipa, pupuk boster lengkeng, cairan HCL di dalam botol, serbuk putih, dan beberapa cairan lainnya.

Bersamaan dengan penangkapan Rafli, Densus 88 Antiteror juga menangkap terduga teroris masih berusia 18 tahum berinisial YM. Dia ditangkap di wilayah Bojongrawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini