Cuaca Buruk, Plafon Solo Paragon Mall Bocor dan Hujan Es di Klaten

Jumat, 11 Januari 2019 18:02 Reporter : Arie Sunaryo
Cuaca Buruk, Plafon Solo Paragon Mall Bocor dan Hujan Es di Klaten Cuaca buruk di Solo dan Klaten. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah eks Karesidenan Surakarta, sekitar pukul 16.00 WIB. Kondisi tersebut membuat sejumlah pohon tumbang hingga menimpa kendaraan bermotor. Hujan es bahkan dikabarkan terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Klaten.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten menyebutkan, pohon tumbang terjadi di sejumlah kecamatan. Di antaranya Kecamatan Jatinom, Tulung, Klaten Kota dan lainnya.

Di Desa Sorogaten, Kecamatan Tulung, pohon tumbang menimpa sebuah truk yang sedang melintas. Tiga rumah di Dukuh Ringinsari, Desa Kiringan Kecamatan Tulung juga mengalami rusak berat akibat tertimpa pohon beringin besar. Ketiga rumah bahkan hancur hingga 100 persen dan pemiliknya harus dirawat di rumah sakit.

Ketiga rumah tersebut milik Mardi Sutikno (85), Walidi dan Arisan di. Warga yang tertimpa reruntuhan bangunan saat ini mendapatkan perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Jatinom.

Hujan es dikabarkan terjadi di Lereng Merapi Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang dan Kampung Margomulyo, Gergunung, Klaten Utara.

"Iya benar mas, saya tadi lihat sendiri hujan es kecil-kecil selama kurang lebih 10 menit. Anak saya sempat memungut es tadi," ujar Kepala BPBD Klaten Bambang Giyanta, saat dihubungi merdeka.com, Jumat (11/1).

Bambang menyebutkan, hingga sore ini pihaknya masih melakukan upaya penanganan dan evakuasi pohon yang tumbang. Sejumlah wilayah, menurut dia, sudah selesai ditangani, semoga hingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Selain Klaten hujan dan angin kencang juga menimpa wilayah Solo dan Sukoharjo. Pohon tumbang menghalangi jalan di Desa Cemani Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Di Solo bagian atap sebuah pusat perbelanjaan ambrol diterjang angin dan hujan deras.

"Memang hujannya tadi deras banget, sampai plafon kami bocor. Ini sedang diperbaiki dan dibersihkan," kata Chief Marcomm Solo Paragon Mall, Veronica Lahji. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Musim Hujan
  2. Cuaca Ekstrem
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini