Chairul Anwar Nidom, Peneliti dari Surabaya yang Temukan Penangkal Virus Corona

Kamis, 20 Februari 2020 12:00 Reporter : Rizka Nur Laily M
Chairul Anwar Nidom, Peneliti dari Surabaya yang Temukan Penangkal Virus Corona antisipasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Virus Corona atau COVID-19 masih menjadi ancaman bagi banyak negara di dunia. Negara-negara maju segera menyiapkan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Mereka memastikan fasilitas kesehatannya siap untuk menangani ancaman virus corona.

China sebagai negara yang pertama kali mendapat serangan virus ini melakukan berbagai hal untuk meminimalisasi corona tersebar luas. Kota Wuhan diisolasi dan warganya dilarang ke luar rumah.

Pemerintah China bahkan tak segan-segan menimbun pintu utama rumah warga dengan pasir untuk mencegah mereka ke luar rumah. Akses transportasi dari dan menuju ke Wuhan ditiadakan. Militer dikerahkan untuk menjaga perbatasan Wuhan dengan daerah lain.

Sampai saat ini Indonesia dinyatakan masih aman dari ancaman virus corona. Meskipun demikian, Indonesia tak lantas abai dengan ancaman virus ini. Sebagai negara berkembang dengan sistem kesehatan yang belum cukup kuat, Indonesia tetap perlu menaruh perhatian khusus pada virus corona.

Masalahnya warga negara Indonesia tidak seluruhnya berada di dalam negeri. Banyak tenaga kerja dan pelajar asal Indonesia yang sedang berada di negara lain. Kesehatan mereka juga harus dijamin sebagaimana WNI di dalam negeri. Dikabarkan 4 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess Jepang dinyatakan positif corona.

Baca Selanjutnya: Indonesia Punya Penangkal Virus Corona...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini