Bupati Bantul akan lawan pihak yang melarang dan merusak Sedekah Laut

Selasa, 16 Oktober 2018 21:48 Reporter : Purnomo Edi
Bupati Bantul akan lawan pihak yang melarang dan merusak Sedekah Laut Bupati Bantul Suharsono. ©2018 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Bantul Suharsono tidak takut untuk kembali menggelar acara Sedekah Laut tahun depan meski tahun ini terjadi perusakan terhadap beberapa properti. Suharsono berencana tetap menggelar acara Sedekah Laut tahun depan.

"Tradisi budaya tidak boleh dikaitkan dengan agama. Jangan dicampur-adukkan. Saya akan lawan," ujar Suharsono, Selasa (16/10).

Suharsono menilai perusakan yang dilakukan segerombolan orang itu karena mencampuradukkan budaya dengan agama. Menurutnya, langkah tersebut tak sesuai dengan upaya pelestarian nilai tradisi dan budaya di DIY.

"Prinsipnya kita akan lawan. Saya sudah bilang berkali-kali. Di sini jangan menghubungkan kebudayaan dengan agama. Pelaksanaan berbagai acara kebudayaan juga sudah menjadi perintah Sultan," terang Suharsono.

Dia menjelaskan, acara kebudayaan tradisional sarat dengan nilai-nilai luhur dan penuh nilai filosofis. Jika dilarang maka akan membuat wilayah mengalami kehancuran. Suharsono mencontohkan di Bali. Jika kearifan lokal dan kebudayaan di sana dilarang karena bertentangan dengan nilai-nilai agama, maka Bali akan tinggal nama saja.

"Karena sudah merupakan titah Sultan dan upaya menjaga kebudayaan Jawa. Kami, Pemkab Bantul akan tetap melaksanakan acara kebudayaan yang sama tahun depan. Demikian juga dengan acara kebudayaan lainnya. Kami mengantisipasi dengan melibatkan masyarakat dan aparat untuk menjaga bersama,” tegas Suharsono.

Terkait penanganan kasus perusakan beberapa properti Sedekah Laut, Suharsono meminta pihak kepolisian bisa mengusut tuntas. Termasuk aktor intelektual di balik perusakan tersebut.

"Ya itu ranah hukum. Saya tidak bisa mencampuri namun sudah menjadi tugas polisi untuk ungkap kasus tersebut karena jelas ada pelanggaran pidana," ucap Suharsono. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Festival Budaya
  3. Penyerangan
  4. Bantul
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini