Buntut Tewasnya 2 Siswa saat MOS, SMA Semi Militer Palembang Terancam Ditutup

Selasa, 30 Juli 2019 19:19 Reporter : Irwanto
Buntut Tewasnya 2 Siswa saat MOS, SMA Semi Militer Palembang Terancam Ditutup Siswa SMA tewas saat MOS. ©2019 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Gubernur Sumsel Herman Deru mengancam akan menutup operasional SMA Semi Militer Plus Taruna Indonesia Palembang jika terbukti melanggar institusi. Hal ini imbas dari tewasnya dua siswa barunya saat mengikuti masa orientasi siswa (MOS) belum lama ini.

Menurut Deru, hasil investigasi dari tim yang dibentuknya telah keluar. Hanya saja, dia masih enggan membeberkannya ke publik.

"Hasilnya sudah ada, tapi belum saya baca secara keseluruhan," ungkap Deru, Selasa (30/7).

Selanjutnya, Pemprov Sumsel akan memanggil sejumlah pihak, seperti TNI, Polri, dan Dewan Pendidikan, untuk mempelajari hasil investigasi tersebut. Diakuinya, ada beberapa temuan baru di lapangan dan nantinya akan dicocokkan dengan fakta penyelidikan dan penyidikan polisi.

"Kita jangan gegabah, tunggu hasil kolaborasi investigasi tim. Tapi jika memang benar ini (ada) pelanggaran institusi, saya tutup SMA Taruna," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, siswa SMA Semi Militer Plus Taruna Indonesia Palembang, DBJ (14) tewas saat mengikuti mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS), Sabtu (14/7). Dia mengalami luka memar di kepala dan dada.

Polisi yang menerima laporan dugaan penganiayaan langsung melakukan penyelidikan. Alhasil, seorang pembina MOS, Obby Frisman Arkataku (24) ditetapkan sebagai tersangka yang diduga menjadi pelaku penganiayaan.

Selain DBJ, siswa lain, WJ juga jatuh sakit saat mengikuti MOS. Dia harus menjalani operasi karena ususnya terlilit. Kondisi kesehatannya memburuk dan harus dipindahkan ke rumah sakit lain. Setelah enam hari dirawat, WJ akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RS Charitas Palembang, Jumat (19/7) malam. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini