Bukan cuma Ahok gubernur DKI yang suka memaki 'goblok'

Kamis, 27 Agustus 2015 08:30 Reporter : Ramadhian Fadillah
Bukan cuma Ahok gubernur DKI yang suka memaki 'goblok' Ali Sadikin. ©Bang Ali Demi Jakarta 1966-1977

Ini Betawi tulen. Bapak harus galak kalau orang mencuri uang rakyat


- Basuki Tjahaja Purnama

Merdeka.com - Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dikenal galak. Dia biasa memaki-maki dengan kata-kata kasar. Lucunya, sampai anak kecil pun bertanya kenapa Pak Ahok galak.

"Assalamualaikum, kenapa bapak galak?" tanya Alam kepada Ahok di Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol, Rabu (26/8).

Alam adalah salah seorang peserta yang hadir dalam peringatan hari anak. Dalam momen tersebut, Ahok memang malakukan interaksi kepada sejumlah anak-anak asal ibu kota.

"Ini Betawi tulen. Bapak harus galak kalau orang mencuri uang rakyat," jawab Ahok dengan disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Belum lama ini Ahok baru saja ribut dengan sejarawan JJ Rizal. Dia berang karena Rizal menyebut rumahnya di Pluit sebagai kawasan resapan air seperti Kampung Pulo.

"Dia (Rizal) itu goblok. Isu itu (lahan resapan) ada di Pantai Indah Kapuk (PIK) bukan di daerah rumah saya di Pluit. Dia enggak bisa bedain PIK dan Pluit," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (21/8).

Banyak yang mengkritik Ahok soal kekerasan sikapnya. Namun dia cuek saja.

Sebenarnya bukan cuma Ahok gubernur DKI yang sering memaki dan bertindak keras. Ali Sadikin yang biasa dipanggil Bang Ali juga sering melakukannya.

Dalam biografi Bang Ali Demi Jakarta 1966-1977, berkali-kali sang gubernur menyatakan kemarahannya. Salah satunya pada para anggota TNI/Polri yang kerap membela anaknya melawan guru di sekolah.

"Hanya orang tua yang goblok, yang tak tahu diri yang selalu membela anak-anaknya yang jelas dan tak benar," teriak Bang Ali.

Selain itu Bang Ali pun paling marah jika ada yang melanggar lalu lintas atau seenaknya makan uang rakyat. Jika sudah begini, tak cuma memaki. Tangan Letnan Jenderal Marinir ini bakal langsung melayang.

Bang Ali pernah menampar sopir truk TNI AL yang seenaknya di jalan sehingga mengganggu pengguna jalan lain. Tak cuma itu, seorang kontraktor proyek pun pernah merasakan tamparan Bang Ali karena lelet bekerja. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini