BPBD Jateng Gelontorkan Rp1,4 Miliar Renovasi Rumah Terdampak Puting Beliung

Kamis, 31 Oktober 2019 00:34 Reporter : Danny Adriadhi Utama
BPBD Jateng Gelontorkan Rp1,4 Miliar Renovasi Rumah Terdampak Puting Beliung Ilustrasi Angin Puting Beliung. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Daerah Jawa Tengah siapkan dana Rp1,4 miliar untuk merenovasi rumah warga yang rusak akibat dampak angin puting beliung di 9 Kabupaten Kota. Tim sedang melakukan survei untuk mendata agar bantuan tidak salah sasaran.

"Totalnya ada 3.000 rumah yang terdampak. Jangan sampai ada yang berhak menerima tapi malah tidak menerima. Jangan sampai yang tidak berhak menerima justru malah menerima. Harus hati-hati," kata Kepala BPBD Jateng Sudaryanto di Semarang, Rabu (30/10).

Dia menyebut sesuai Pergub nomor 77 tahun 2014, rumah yang rusak berat akan dibantu oleh pemerintah. Dari data BPBD Jateng rumah rusak yang terdampak akibat puting beliung diantaranya yakni Brebes, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pati, Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri, Magelang, dan Wonosobo.

"Tim dalam proses inventarisir, ada tiga jenis kerusakan diantaranya rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Kategori rusak berat yang dimaksud adalah rumah yang roboh bagian tanggung jawab dari pemerintah propinsi jateng," ujarnya.

Dalam masa pancaroba ini, dia mengimbau kepada masyarakat agar bersiap menghadapi angin kencang serta hujan. Diperkirakan beberapa wilayah di Jateng akan masuk musim penghujan pada awal November 2019. Namun di sebagian wilayah, seperti pantura akan memasuki musim penghujan pada awal Desember 2019.

"Beberapa wilayah sudah masuk musim pancaroba. Jadi perlu diwaspadai cuaca ekstrim seperti angin kencang, petir, dan curah hujan tinggi dalam waktu singkat," ungkap Sudaryanto.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten atau Kota se-Jateng untuk kesiap siagaan menghadapi musim hujan.

"BPBD setempat diminta memperbarui inventarisasi data rawan bencana banjir dan tanah longsor," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Angin Puting Beliung
  2. Semarang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini