Bos Abu Tours Hamzah Mamba Dituntut 20 Tahun Bui dan Denda Rp 100 Juta

Senin, 21 Januari 2019 18:20 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Bos Abu Tours Hamzah Mamba Dituntut 20 Tahun Bui dan Denda Rp 100 Juta Dermawan Wicaksono. ©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Sidang tuntutan atas terdakwa Hamzah Mamba, bos PT Abu Tours digelar di Pengadilan Tipikor Makassar, Senin, (21/1). Hamzah Mamba dituntut hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 100 juta karena lakukan tindak pidana penggelapan, penipuan dan TPPU.

Atas tuntutan tersebut, korban Abu Tours yang menghadiri sidang terlihat tak setuju. Salah satunya Hajjah Marhani (50), agen PT Abu Tour dengan jumlah jamaahnya yang tidak diberangkatkan sebanyak 100 orang dengan kerugian Rp 1,7 miliar merasa tuntutan itu sangat ringan. Bersama korban perusahaan travel lainnya, warga Makassar ini berteriak dalam ruangan sidang minta hukuman harus lebih berat lagi, kalau perlu hukuman mati.

Sementara Dermawan Wicaksono SH, salah satu tim JPU menjelaskan, terdakwa Hamzah Mamba diajukan ke persidangan dengan dakwaan melakukan pelanggaran tindak pidana penggelapan, penipuan dan TPPU.

Berdasarkan aturan UU, kata Dermawan, apa yang mereka tuntutkan untuk terdakwa itu adalah pidana badan yang paling maksimal.

Apa yang disampaikan jamaah dari mulai di awal persidangan sampai saat ini, kata Dermawan, telah mereka akomodir. Dan juga berdasarkan fakta-fakta di persidangan, telah dipertimbangkan bahwa inilah tuntutan pidana yang bisa diberikan. Ini yang paling maksimal.

Untuk tuntutan denda, tambahnya, adalah ancaman maksimal adalah Rp 10 miliar tapi kami menuntut Rp 100 juta. Kurang lebih hanya 1 persen dari ancaman maksimal. Ini diberikan karena terdakwa berdasarkan putusan pengadilan niaga, PT Abu Tour dinyatakan pailit.

"Ketika dinyatakan pailit maka beban pembayaran kewajiban terhadap denda nantinya akan diselesaikan oleh kurator. Ketika kami tuntut dengan denda maksimal Rp 10 miliar, kami khawatir akan merugikan kreditur lainnya yakni para jamaah," tandasnya.

Dengan mempertimbangkan rasa keadilan terhadap para kreditur termasuk para jamaah di dalamnya, kata Dermawan, pihaknya memberikan tuntutan denda yang seminimal mungkin.

"Jadi ini bukan dalam konteks ingin meringankan terdakwa tetapi demi mengoptimalkan pemulihan para jamaah nantinya melalui kurator dengan catatan, putusan nanti sinkron dengan putusan PKPU. Jadi kami sangat perhatikan para jamaah," kata Dermawan Wicaksono, salah satu JPU kasus PT Abu Tours. [ded]

Baca juga:
Barang-Barang di Kantor PT Abu Tours Dicuri Warga
Sidang Tuntutan Bos Abu Tours Ditunda Kedua Kalinya, Pengacara dan Korban Kecewa
Jadi Manajer Keuangan PT Abu Tours, Keponakan Hamzah Mamba Hanya Lulusan SD
Saksi Ahli Sebut Modus Penipuan Abu Tours Mirip First Travel
Jadi Saksi, Kemenag Ungkap Abu Tours Palsukan Data Calon Jemaah Yang Tak Berangkat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini