BNN Tegaskan Indonesia Tak Mungkin Legalkan Ganja untuk Medis

Jumat, 26 Juli 2019 02:01 Reporter : Moh. Kadafi
BNN Tegaskan Indonesia Tak Mungkin Legalkan Ganja untuk Medis Ilmuwan Jamaikan menanam ganja Bob Marley. ©AFP/ANGELA WEISS

Merdeka.com - Belasan negara sudah melakukan legalisasi tanaman ganja untuk keperluan medis, di antaranya adalah Uruguay, Kanada, Amerika Serikat dan ada sederet negara lainnya. Negara-negara itu melegalkan penggunaan ganja baik secara penuh maupun terbatas.

Namun, untuk Indonesia masih sangat sulit. Sekretaris Utama Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Adhi Prawoto mengatakan Indonesia untuk saat ini belum bisa dengan alasan agar tidak disalahgunakan.

"Saya selalu patuh terhadap apa yang disampaikan oleh (Kepala) BNN RI Indonesia itu belum waktunya. Jadi kita jangan coba-coba," kata Adhi saat mengunjungi Yayasan Bali Samsara, di Denpasar, Bali, Kamis (25/7) sore.

"Yang jelas masyarakat kita belum patuh. Kalau bebas bagaimana nanti," tambah Adhi.

Adhi juga menyampaikan legalisasi ganja untuk medis, pihaknya sudah pernah membahas. Namun hal tersebut tidak diperbolehkan.

"Sudah ada (Pembicaraan). (Kepala) BNN RI tetap tidak boleh, Indonesia jangan. Karena terus terang negara-negara yang melegalkan pun merasa kecewa dan merasa kecolongan istilahnya itu," ujar Adhi. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Legalisasi Ganja
  2. BNN
  3. Ganja
  4. Denpasar
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini