Berusaha kabur, 1 dari 2 perampok toko emas di Palembang ditembak

Jumat, 21 September 2018 00:23 Reporter : Irwanto
Berusaha kabur, 1 dari 2 perampok toko emas di Palembang ditembak perampok toko emas di Palembang ditembak. ©2018 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Tim Tekab Polresta Palembang menangkap satu dari dua perampok toko emas beberapa pekan lalu. Lantaran berusaha kabur, pelaku bernama Usman (40) ditembak polisi di kaki kanannya.

Penangkapan berawal dari penyelidikan mendalam dan pelaku diketahui berada di rumahnya di Jalan Panca Usaha, Lorong Palopa, Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, Kamis (20/9).

Kepada petugas, tersangka Usman membantah terlibat dalam aksi itu. Dia berdalih hanya bertemu dengan pelaku utama berinisial MB (buron) dan memintanya menyeberang ke Dermaga 7 Ulu Palembang menggunakan perahu ketek.

"Sumpah pak, saya tidak merampok. Kebetulan dia mengajak saya menyeberang saja," ungkap tersangka Usman di Mapolresta Palembang, Kamis (20/9).

Tersangka sempat heran melihat tangan MB yang terluka. Namun MB memintanya agar tidak mempersoalkannya karena menyebut habis berkelahi.

"Katanya berkelahi saja, saya tidak banyak tanya lagi," ujarnya.

Sesampainya di dermaga, kata dia, MB mengajaknya ke kawasan 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, menggunakan becak motor. Lalu, tersangka diberi MB gelang emas dan memintanya jangan cerita kepada siapapun.

"Saya tidak tahu kalau dia (MB) habis merampok, makanya saya berani saja menggadaikan emas itu, duitnya buat keluarga," kata buruh kuli itu.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara mengatakan, dugaan sementara tersangka Usman turut terlibat yang berperan mengawasi situasi. Pihaknya masih memburu pelaku utama yang sudah diketahui identitasnya.

"Kami minta menyerahkan diri, kalau tidak akan kita tindak tegas," pungkasnya.

Diketahui, perampokan itu terjadi di toko emas milik Djulijono (70) di Jalan Sayangan, Kelurahan 17 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, Minggu (9/9). Pelaku seorang diri memecahkan kaca etalase menggunakan linggis dan mengambil 40 gram perhiasan emas.

Anak korban yang mengetahui dirampok, langsung melempar pelaku dengan kursi dari belakang etalase. Pelaku yang kabur sempat dikejar korban dan warga. Namun, pelaku berhasil melarikan diri dengan menumpangi ketek di Sungai Musi. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Perampokan Toko Emas
  2. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini