Berobat dengan Mudah, Pasien BPJS Bisa Gunakan Rujukan Online

Selasa, 26 Februari 2019 19:26 Reporter : Ya'cob Billiocta
Berobat dengan Mudah, Pasien BPJS Bisa Gunakan Rujukan Online Sosialisasi pelayanan rujukan pasien BPJS. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa menggunakan rujukan online, untuk mempermudah dalam berobat. Menurut Case Manajer BPJS RS Siloam Manado, dr. Frico Talumewo, di era jaminan kesehatan nasional sekarang, masa rujukan online mempermudah pasien rujukan tipe B.

Dengan memanfaatkan fasilitas ini, pasien di antaranya bisa bisa mendapatkan trik-trik pemeriksaan, sub spesialisasi yang bisa langsung dari dokter ke tipe B, serta pilih opsi tertentu dalam web BPJS.

"Ada sarana-sarana yang hanya ada di Siloam seperti MRI dan lainnya misalnya tanpa harus lewat tipe di bawahnya, dan di sini spesialisasi yang bisa langsung di Siloam," kata Frico dalam forum berbagi pengalaman tentang pelayanan rujukan pasien BPJS dengan para dokter di Manado, Selasa (26/2).

Frico menuturkan, sebagai rumah sakit tipe B, Siloam dinilai tetap patuh dan mengacu pada aturan tentang BPJS kesehatan yang ditetapkan dan berlaku di seluruh Indonesia.

"Kami menyampaikan bagaimana teknis rujukan pasien dari FKTP ke rumah sakit tipe C lalu ke B, bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan pasien, terutama rujukan dalam jaringan atau online, di mana pasien bisa mengikuti cara-cara yang sudah ditetapkan dan dapat dengan mudah mengikutinya sehingga dapat menerima layanan BPJS," ujarnya.

Head Division Business Development, Magdalena Molenar dalam acara tersebut menjelaskan, berbagi pengalaman itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat terutama para pasien BPJS, sehingga makin paham bagaimana caranya menggunakan rujukan online.

Sementara itu Direktur RS Siloam, dr. Abraham Talumewo, MHSM mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan terbaru tentang layanan rujukan BPJS.

"Melalui pertemuan ini diharapkan bisa membuat masyarakat terutama para pasien BPJS bisa terbantu, dan dapat berobat dengan mudah tanpa ada keluhan," terangnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. BPJS Kesehatan
  2. Rumah Sakit
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini