Bela Negara Bentuk WNI Cinta Tanah Air Berdasarkan Pancasila

Minggu, 2 Desember 2018 19:23 Reporter : Henny Rachma Sari
Bela Negara Bentuk WNI Cinta Tanah Air Berdasarkan Pancasila Bela Negara di Kabupaten Bone. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah terus menggenjot program pelatihan Bela Negara. Pelatihan tersebut mampu meningkatkan rasa cinta tanah air Warga Negara Indonesia (WNI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan RI di Sulsel Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno mengatakan pihaknya membuka latihan bela negara angkatan IV untuk aparatur Pemerintahan Daerah (Pemda), instansi vertikal serta organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Bone.

"Kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas dan kerja sama antara Perwakilan Kementerian Pertahanan RI di Prov Sulsel dgn Pemda Kab Bone dan Kodim 1407/Bone," kata Wahyu dalam keterangan, Minggu (2/12).

Diharapkan peserta menjadikan kegiatan tersebut sebagai momentum mengembangkan diri sebagai WNI yang tangguh. "Serta ulet dan setia kepada bangsa dan negara sesuai peran dan profesi masing-masing dalam lingkungan masyarakat dan juga sebagai bagian integral daya tangkal bangsa ketika berhadapan dgn berbagai macam bentuk ancaman yang senantiasa berkembang semakin komplek dan multidimensi," tuturnya.

"Bela negara ini untuk membentuk dan memperkokoh sikap dan perilaku warga negara dijiwai berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dan setiap upaya pembinaan Bela Negara merupakan wujud dari penyelenggaraan Pertahanan Negara," tambahnya.

Ia menegaskan, ada tiga hal utama yang harus dibela tiap warga negara yakni, kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Bela Negara
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini