Bayi Perempuan Dibungkus Selimut Ditemukan di Teras Masjid di Gowa

Rabu, 18 Desember 2019 04:32 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Bayi Perempuan Dibungkus Selimut Ditemukan di Teras Masjid di Gowa Bayi yang ditemukan di teras masjid diserahkan ke Puskesmas Patalassang. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Bayi perempuan diperkirakan baru dilahirkan tiga atau empat hari lalu ditemukan di teras masjid As Shiddiqin, Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (17/12). Keberadaan bayi itu diketahui setelah suara tangis didengar imam masjid, Ustaz Ikhlas Zul Amal.

Saat ditemukan bayi terbungkus rapi dan sudah dalam keadaan bersih. Kemudian orok tersebut dibawa ke puskesmas Patalassang untuk pemeriksaan kesehatannya.

Kasubag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan mengatakan, bayi itu ditemukan imam masjid Selasa dini hari tadi. Lalu dilaporkan ke Polsek Bontomarannu pagi harinya.

"Imam masjid ini kemudian mengambil bayi yang terbungkus selimut itu dan menggendongnya ke arah pekarangan masjid untuk mencari tahu dan melihat kira-kira siapa yang meletakkan bayi itu namun nihil," ujarnya.

Usai salat Subuh, seorang jamaah kemudian melaporkan temuan bayi itu ke Polsek Bontomarannu yang wilayah tugasnya hingga Kecamatan Patalassang.

"Beberapa warga bermaksud memiliki bayi itu namun tidak bisa diserahkan begitu saja, ada prosedurnya. Setelah kita berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial, anggota kemudian melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa orang tua sang bayi," ujar AKP Mangatas.

Pelaksana harian kepala puskesmas Patalassang, Rusli Husain menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan bayi perempuan ini dalam kondisi sehat. Berat badan 3,3 kilogram dan panjang badan 48 sentimeter. Umur diperkirakan tiga hingga empat hari.

"Kondisi bayi, sehat dan bersih. Bidan memperkirakan usia bayi ini tiga atau empat hari karena melihat bayinya masih merah. Terbungkus selimut bayi yang masih baru, memakai popok. Dan ada popok lain dalam satu bungkusan di sisi bayi itu saat ditemukan oleh imam masjid," kata Rusli seraya menambahkan, masih ada pengikat tali pusar warna biru menandakan kalau ibu bayi itu lalui persalinan di Rumah Sakit.

Letak masjid tempat bayi itu ditemukan jauh dari pemukiman. Kira-kira jarak 100 hingga 150 meter barulah terdapat rumah warga. Dan di masjid itu juga ditempati menginap oleh imam dan remaja-remaja masjid.

"Tadi sore berlangsung serah terima bayi itu dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Gowa ke Kapolsek Bontomarannu disaksikan sekretaris Kecamatan Pattallassang dan saya dari pihak puskesmas. Selanjutnya diserahkan kembali ke anggota Polsek yang bersedia merawat bayi tersebut sambil menunggu proses penyelidikan," kata Rusli Husain. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bayi Dibuang
  3. Gowa
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini