Bapeten Sebut Zat Radioaktif Tidak Berpengaruh pada Kesehatan 2 Warga Tangsel

Sabtu, 22 Februari 2020 00:03 Reporter : Kirom
Bapeten Sebut Zat Radioaktif Tidak Berpengaruh pada Kesehatan 2 Warga Tangsel Penemuan Radioaktif. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) memastikan dua warga Perumahan Batan Indah, terkontaminasi zat radioaktif Cs 137 tidak berdampak pada kesehatan. Pihaknya menjadwalkan akan kembali memeriksa dua warga terkontaminasi dua bulan mendatang.

"Kita hitung dari nilai kontaminasi Cs 137, dosis yang diserap itu 0,12 mili sivert. Dosis yang diizinkan 1 mili sivert, itu tidak ada dampak kesehatan bagi keduanya," ungkap Sekretaris Utama Bapeten Hendriyanto Hadi Tjahyanto di Pusat Pemerintah Kota Tangsel, di Ciputat, Jumat (21/2).

Sebelumnya, diketahui dua dari sembilan warga Perumahan Batan Indah, terkontaminasi zat radioaktif Cs 137 dan K40 yang bersumber dari lahan kosong di perumahan tersebut.

"Artinya tidak ada dampak. Harusnya tidak ada masalah tapi kita ingin punya keinginan dua bulan lagi kita periksa.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Bapeten, Abdul Qohhar menjelaskan, paparan zat radioaktif Cs 137 yang ada pada tubuh manusia luruh dalam periode 70 hari.

"Kalau di luar (alam) masa paruhnya Cs 137 itukan 30 tahun, tapi secara teori kalau di dalam tubuh masa paruhnya, hanya 70 hari," ucap dia.

Untuk pengobatan, Bapeten menyebut ada sejumlah obat-obatan yang ampuh meluruhkan kandungan zat radioaktif dalam tubuh manusia. Namun bagi dua warga Tangsel yang terkontaminasi itu, Abdul memastikan tidak memerlukan itu.

"Obat ada beberapa obat, itu bisa di-searching. Tapi kalau ini tidak perlu. Enggak perlu treatment khusus" tandasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bapeten
  3. Nuklir
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini