Bantu Jaga Taman Nasional Meru Betiri, Perempuan Difabel Dihadiahi Berangkat Umrah

Selasa, 15 Oktober 2019 00:00 Reporter : Muhammad Permana
Bantu Jaga Taman Nasional Meru Betiri, Perempuan Difabel Dihadiahi Berangkat Umrah Perempuan Difabel yang Diberangkatkan Umroh. ©2019 Merdeka.com/Muhammad Permana

Merdeka.com - Rona kegembiraan terpancar jelas dari raut muka Rohati. Perempuan paruh baya ini baru saja mendapat rezeki yang tak terduga.

Kunjungan Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal ke rumahnya yang sederhana, membuat jalannya ke tanah suci terbuka. Orang nomor satu di jajaran Polres Jember itu datang selain memberikan bantuan beberapa material kebutuhan rumah tangga, juga berjanji akan memberangkatkan Rohati untuk berangkat umrah.

"Saya tidak menyangka diberangkatkan umroh bapak Kapolres. Subhanallah, ini cita-cita saya sejak lama yang belum bisa saya wujudkan, dan Alhamdulillah hari ini Alloh mengabulkan doa kami," ujar Rohati setengah berkaca-kaca.

Bukan tanpa sebab, jika perempuan yang memiliki kekurangan fisik di wajah itu dikunjungi oleh Kapolres Jember. Selama ini, Rohati yang bekerja sebagai pencari kayu dan buruh tani itu memiliki kepedulian untuk menjaga Taman Nasional Meru Betiri (TMNB). Inisiafit Rohati itu dilatari kecintaan pada alam dan tanpa pamrih.

"Saya sendiri tinggal di dekat hutan, sehingga juga terbantu dan merasa aman," papar warga Dusun Krajan Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember ini.

Beberapa bantuan kebutuhan rumah tangga yang diberikan di antaranya saluran air lengkap dengan tandonnya.

Inisiatif warga untuk ikut mebantu menjaga kelestarian Taman Nasional Meru Betiri (TMNB) dinilai amat vital. Pasalnya, dengan keterbatasan jumlah aparat yang berjaga, kepedulian warga sekitar sangat membantu mencegah kerusakan hutan.

"Kami ingin memberangkatkan umroh kepada Ibu Rohati, karena kepeduliannya selama ini dalam membantu petugas kepolisian dalam menjaga keamanan di hutan TNMB, ibu Rohati sudah bertahun-tahun membantu petugas jaga di TNMB dengan tulus tanpa pamrih," ujar Kapolres Jember, AKBP Alfian Nurrizal.

Dalam kesempatan tersebut, Alfian juga menyebut sosok Rohati sebagai teladan dan pahlawan lingkungan hidup. "Meski hidup dalam keterbatasan, baik fisik dan juga keadaan ekonomi , Ibu Rohati memiliki kepedulian yang tinggi, ini yang kami hargai dari keteladanan beliau," beber Kapolres.

Untuk keberangkatan Umroh Rohati, Alfian juga meminta agar Rohati bisa segera melengkapi surat-surat atau dokumen kependudukan sebagai syarat proses pembuatan Paspor agar bisa segera berangkat Umroh. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Kisah Inspiratif
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini