Banjir Menggenangi 15 Kabupaten, Pemprov Jatim Kerahkan Semua Personel

Kamis, 7 Maret 2019 19:44 Reporter : Moch. Andriansyah
Banjir Menggenangi 15 Kabupaten, Pemprov Jatim Kerahkan Semua Personel Emil Dardak. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Banjir di Jawa Timur meluas di 15 kabupaten hingga Kamis (7/2) hari ini. Hampir seluruh kekuatan Pemprov dikerahkan untuk membantu korban di sejumlah daerah.

Sejumlah personel yang dikerahkan di lokasi bencana di antaranya; 50 orang dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 20 orang dari Dinas Kesehatan, serta sejumlah personel Bakorwil terkait.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan, sejumlah personel yang diterjunkan di lokasi bencana ini di bawah koordinasi BPBD dan Bakorwil terkait.

"Dengan dampak yang sangat luas, sudah pasti kita butuh peran serta warga untuk mengatasi keterbatasan personel dan sumber daya," terang Emil di Surabaya.

Bahkan, kata Emil, hingga hari ini, tambahan mobilisasi personel terus dilakukan dengan tetap berkoordinasi dengan BPDB kabupaten setempat yang terkena dampak banjir.

Menurut Emil, langkah penanganan banjir di sejumlah wilayah, diutamakan pada pertolongan lapangan. Maka tindakan yang perlu dilakukan Pemprov Jawa Timur adalah mendirikan dapur umum dan tenda serbaguna, serta menyediakan obat-obatan untuk para korban banjir.

Suami artis Arumi Bachsin ini juga mengaku, untuk membantu para korban banjir di sejumlah daerah di Jawa Timur, dirinya dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa harus berbagi peran. Gubernur turun ke lokasi banjir, sedang dirinya menangani agenda penting di Surabaya.

"(Kamis) dini hari saya telah dihubungi langsung Ibu Gubernur untuk menangani agenda penting beliau di kantor Pemprov selama beliau berkonsentrasi di lapangan," ungkap Emil.

Seperti diketahui, hujan deras mengakibatkan sejumlah sungai di 15 kabupaten meluap dan menggenangi perkampungan dan area persawahan milik warga, salah satunya di Madiun.

"Mohon doa restu agar Ibu Gubernur dan tim Pemprov diberi kesehatan dan kekuatan untuk menangani secara efektif, dan warga Jatim yang terdampak diberi kesehatan dan ketabahan," tandas Emil. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini