Aiptu Jonter Tewas Kena Serangan Jantung Usai Kawal TPS di Dairi

Sabtu, 20 April 2019 10:57 Reporter : Yan Muhardiansyah
Aiptu Jonter Tewas Kena Serangan Jantung Usai Kawal TPS di Dairi Distribusi logistik hasil Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Di tengah ketegangan penghitungan rekapitulasi suara Pemilu 2019, berita meninggalnya petugas yang terlibat dalam pelaksanaan pesta demokrasi datang tak henti.

Kali ini, duka mendalam dirasakan Polres Dairi. Salah seorang personelnya, Aiptu Jonter Siringo-ringo (51), gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah itu.

Jonter merupakan anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Dairi. Dia meninggal dunia pada Kamis (18/4). "Beliau sempat mendapatkan perawatan sekitar 2 jam di RSUD Sidikalang," kata Kasubbag Humas Polres Dairi, Ipda Donni Saleh, Sabtu (20/4).

Donni menyatakan, Jonter sebelumnya mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Dairi Sumut. Dia berjaga di sana sejak Rabu (17/4) hingga pergeseran surat suara dari TPS ke PPS pada Kamis (18/4).

Merasa dadanya sesak, Jonter permisi pulang kepada Kapolsek Sumbul AKP Abdul Rahman Siregar. Sekitar pukul 14.00 Wib, Jonter Siringo Ringo tiba di rumah. Kepada istrinya dia mengeluh napas dan dadanya sesak.

"Sekitar pukul 14.20 Wib Aiptu Jonter Siringo Ringo dibawa ke RSUD Sidikalang untuk diperiksa, namun sekitar pukul 16.50 Wib dia meninggal di UGD RSUD Sidikalang. Dari hasil pemeriksaan pihak RSUD Sidikalang, beliau disebutkan mengalami serangan jantung," jelas Donni.

Jenazah Jonter kemudian dibawa ke rumah duka di Jalan Pemuda Sidikalang. Pejabat di jajaran Polres Dairi sudah datang melayat, termasuk Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan.

Dapat Kenaikan Pangkat

Aiptu Jonter Siringoringo yang gugur setelah mengawal pemungutan suara di Dairi, Sumut, mendapatkan penghargaan dari Polri. Pangkatnya naik setingkat menjadi Ipda anumerta.

"Upacara kenaikan pangkat menjadi Ipda anumerta itu rencananya digelar hari ini di Mapolres Dairi," kata Ipda Donni Saleh.

Donni mengatakan, Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan akan memimpin langsung upacara itu. Kegiatan tersebut akan dirangkaikan dengan pemberangkatan jenazah Jonter ke Samosir.

"Dia dibawa untuk dimakamkan di kampung halamannya di Samosir hari ini juga," jelas Donni.

Jonter merupakan personel Satreskrim Polres Dairi Sumut. Alumni SPN Maluku ini meninggalkan istri dan 3 anak. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini