Ada bom panci di Buah Batu, Ridwan Kamil ingatkan lurah se-Bandung

Senin, 10 Juli 2017 20:34 Reporter : Dian Rosadi
Ada bom panci di Buah Batu, Ridwan Kamil ingatkan lurah se-Bandung ridwan kamil. ©2017 Merdeka.com/dian rosadi

Merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengingatkan, para ketua RT dan RW untuk selalu proaktif dalam memperhatikan dan mengenali warga, terutama warga pendatang. Seperti diketahui, pelaku bom panci di Kecamatan Buah Batu, pada Sabtu (8/7) yakni Agus Wiguna (22) merupakan warga pendatang dari luar Kota Bandung.

"Kan kemarin faktanya dia bukan warga Bandung mencari nafkah di Bandung. Itu contoh untuk menjadi perhatian dan arahan saya kepada para Lurah agar segera mengkoordinasikan RT RW nya untuk proaktif," ujar Emil kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Senin (10/7)

Pria yang akrab disapa Emil ini ingin, ada evaluasi terhadap tingkat aktivitas sosial warga dilakukan oleh ketua RT dan RW. Dengan adanya evaluasi tersebut dapat terlihat keaktifan warga di masyarakat dan dapat mendeteksi dini perilaku warga jika gerak geriknya dianggap mencurigakan.

"Evaluasi tentang tingkat aktivitas sosial harusnya segera dilaksanakan, kan sudah ada formatnya dibuat oleh bagian penerangan umum, apakah dia rajin kerja bakti, rapat. Kalau nilainya kurang, patut dicurigai. Yang di Buah Batu itu menurut kabar tidak terdeteksi juga, padahal RT seharusnya bisa melakukan upaya kewaspadaan problemnya RT dan RW bukan unit birokrasi yang bisa diperintah langsung, karena dia adalah masyarakat yang sukarela mengorganisasikan diri untuk membantu masyarakat," katanya.

Emil meminta warga untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Menurut dia, tidak perlu ada kepanikan, namun, ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaaan.

"Jadi masyarakat tidak perlu terlalu khawatir kita dan kepolisian akan terus melakukan kegiatan pencegahan lebih intensif dan kalau lihat pola-polanya statistik dari bom panci ini low explosive dan lebih banyak gagalnya," pungkasnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini