KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

80 Persen paspor calon jemaah haji sudah siap

Senin, 17 Juli 2017 21:37 Reporter : Muhammad Hasits
Menag Lukman. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Agama yakin dokumen calon jemaah haji 2017 yang akan berangkat ke Tanah Suci selesai tepat waktu. Saat ini, dokumen seperti paspor telah rampung 80 persen. Sementara visa masih bertahap.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, sekarang yang paling diutamakan adalah calon jemaah haji yang akan berangkat gelombang pertama. "Kloter pertama yang kita prioritaskan dulu," kata Menag Lukman saat memberi pembekalan kepada petugas Media Center Haji (MCH) 2017 di Kementerian Agama, Senin (17/7).

Untuk pengurusan visa memang bukan wewenang pemerintah Indonesia, melainkan pemerintah Arab Saudi. Dalam mengurus visa dilakukan secara online menggunakan sistem e-Haj. Sehingga semua data harus lengkap seperti tempat menginap dan nomor kloter.

"Gelombang I sudah aman. Gelombang II yang akan tiba di Jeddah belum semua karena diproses bertahap," ujarnya.

Calon jemaah haji asal Indonesia gelombang pertama akan diberangkatkan pada 28 Juli. Sementara gelombang kedua akan diberangkatkan pada 12 Agustus 2017. Tahun ini, total calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat sebanyak 221 ribu, terdiri dari 204 jemaah reguler dan 17 ribu jemaah haji khusus.

Sedangkan untuk persiapan di Arab Saudi juga sudah hampir rampung. Sejumlah persiapan seperti pemondokan, katering dan transportasi telah disiapkan. "Sudah mendekati final, tinggal teknis saja," kata Menag. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2017
  2. Haji
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.