475 Ribu Alat Tes Disebar ke Seluruh Indonesia Guna Menemukan Kasus Positif Covid-19

Rabu, 1 April 2020 19:11 Reporter : Merdeka
475 Ribu Alat Tes Disebar ke Seluruh Indonesia Guna Menemukan Kasus Positif Covid-19 Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan Covid-19 atau Corona, Achmad Yurianto mengatakan pemerintah telah menerjunkan lima ribu petugas kesehatan untuk melakukan penelusuran epidemiologi virus Corona.

"Melibatkan lebih dari lima ribu petugas kesehatan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat untuk melangsungkan penyelidikan epidemiologi," ungkap Achmad Yurianto melalui konferensi pers videonya, Rabu (1/4).

Yurianto juga menyebut pihaknya telah mendistribusikan 475 ribu lebih kit test untuk rapid test Covid-19 ke seluruh Indonesia.

"Untuk digunakan sebagai screening awal dalam kaitan untuk penanganan untuk menemukan kasus positif di dalam rangka untuk memutus rantai penularannya," papar Achmad Yurianto.

Ia menyebut telah ada lebih dari 6.500 spesimen sempel yang dikirim ke 34 laboratorium di seluruh Indonesia.

"Dan ini akan terus kita lakukan," tegasnya.

Yurianto mengaku pihaknya ke depan akan lebih agresif untuk menemukan kasus positif baru. Untuk kemudian mengisolasikannya guna memutus mata rantai penyebaran.

1 dari 1 halaman

APD Didistribusikan

Dia juga mengatakan bahwa lebih dari 349 ribu APD telah didistribusikan ke seluruh Indonesia. Pihaknya berkomitmen akan terus melakukan hal itu demi memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan selaku garda terdepan dalam perang melawan virus ini.

"360 rumah sakit rujukan telah disiapkan, baik itu rumah sakit pemerintah, rumah sakit TNI/Polri, rumah sakit BUMN maupun rumah sakit biasa," pungkasnya.

Repoter: Yopi Makdori [gil]

Baca juga:
Bupati Sleman: Stok Beras Cukup untuk 6 Bulan, Masyarakat Jangan Panic Buying
Kebijakan PSBB Jokowi Hanya Beda Istilah dengan Karantina Wilayah Parsial
PAN Minta Pekerja Harian Harus Jadi Sasaran Anggaran Penanggulangan Corona
Jumlah Pengunjung Turun 95 Persen, Hotel di Puncak Rumahkan Karyawan
Menkum HAM Sebut Belum Ada Warga Lapas Terpapar Virus Corona
Konsumsi Listrik Turun Akibat Mal dan Hotel Sepi Pengunjung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini